WBP Isi Waktu Di Bulan Ramadhan Dengan Ngaji dan Latihan Hadroh

REMBANG – Dimasa puasa Ramadhan ini, Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas II B Rembang menjalani aktivitas berbeda dengan hari-hari biasanya. Mereka memupuk amal ibadah dengan kegiatan mengaji dan latihan kesenian hadroh di bulan suci ini.

WBP yang berjumlah 12 itu,Selasa (19/3) mengaji dan latihan hadroh di Masjid Attaubah yang berada di area halaman Rutan Kelas II B Rembang. Bahkan salah satu WBP yang ikut dalam kegiatan tersebut hafidz Al-Quran 30 juz.

WBP laki-laki berusia 44 tahun itu bernama Rahmat Qolil yang baru menjalani masa hukuman kurang lebih 5 bulan dari total 8 tahun sub 6 bulan. Bulan puasa ini merupakan yang pertama kali ia jalani di dalam rutan.

Selama bulan ramadhan ini, ia mengisi waktu dengan rutin mengaji dan tadarus usai shalat tarawih. Dikarenakan memiliki kekurangan dalam penglihatan, kegiatan menghafal ayat suci dengan bantuan Al Quran Braille Digital.

“Biasanya (menghafal al-quran) setiap buka blok itu sekitar jam 08.00 – 10.00 WIB. Nanti di dalam blok temen-temen (WBP) yang bisa baca (Al-quran) diminta untuk menyimak. Sekaligus mengajari temen-temen belajar baca Al-quran juga,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Rutan Kelas IIB Rembang, Irwanto Dwi Yhana Putra menyampaikan, di Rutan Kelas IIB Rembang ada 2 metode pembinaan meliputi pembinaan kemandirian dan kepribadian. Namun selama bulan ramadhan ini, pembinaan lebih ditekankan pada kegiatan pembinaan kepribadian bagi para WBP.

“Program yang kami jalankan ini sudah kami jalankan sebelumnya dan berlanjut di bulan ramadhan. Kami tingkatkan yaitu pelatihan untuk kesenian hadroh, kemudian kegiatan pengajian, juga kami teruskan di bulan ramadhan ini dengan kegiatan sholat tarawih kemudian tadarus, khataman Al-quran dengan kajian islam jadi program prioritas di rutan Rembang,” terangnya.

Irwanto menambahkan, untuk kesenian hadroh dari para WBP ditampilkan pada acara khusus baik internal maupun eksternal. Seperti ketika ada kunjungan dari forkopimda pada saat penyerahan remisi kepada WBP.(Rendy/Msd/CBFM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *