Wakil Bupati Rembang H Hanies Cholil (Gus Hanies) berpesan kepada jajaran satuan kerja perangkat daerah, Forkopimcam, dan Kepala Desa untuk membangun Rembang sesuai kebutuhan dan prioritas pembangunan daerah. Hanies tidak ingin pembangunan hanya untuk mempercantik bangunan.

Hal tersebut Gus Hanies sampaikan saat membuka musyawarah perencanaan pembangunan di pendapa Kecamatan Sluke Selasa pagi (01/03). Hanies menegaskan pembangunan harus berfokus kemajuan sumber daya manusia untuk kesejahteraan warga Rembang.

Di Kecamatan Sluke kata Wabup, masih banyak terlihat usulan pembangunan secara fisik. Seperti pembangunan infrastruktur, dan memperbaiki akses bangunan untuk pelayanan umum.

Ia sempat menyoroti sejumlah usulan tentang pembangunan sumber daya manusia yang masih minim disampaikan pada saat acara Musrenbangcam yang dihadiri secara perwakilan dan terbatas itu.

“Saya selalu mewanti-wanti disetiap Musrenbangcam, kepada Pak Camat, bapak ibu kepala desa, agar Musrenbangcam dimanfaatkan sebaik-baiknya terutama kepada program yang menjadi prioritas kita tahun 2023 nanti. Utamanya pembangunan SDM, salah satunya. Ini musti jadi prioritas. Saya lihat tadi masih banyak sekali usulan berbau fisik, tapi yang mengusulkan peningkatan SDM gak ada,” kata Wabup.

Gus Hanies menganggap peningkatan pembangunan sumber daya manusia jauh lebih penting untuk Kabupaten Rembang tahun 2023. Hal itu karena, penduduk dengan usia produktif di Kota Garam jumlahnya sekitar 646 ribu sekian jiwa, berdasarkan data kependudukan Desember 2021. Diprediksi dapat terus bertambah setiap tahun.

“Peningkatan SDM ini penting, karena bapak ibu yang saya hormati, per Desember 2021 kemarin, kita punya 646 ribu sekian jiwa sekabupaten Rembang. mereka mayoritas diusia produktif, 15-40 tahun. Di 2045 kita punya lebih banyak lagi generasi usia produktif. Kaitannya dengan peningkatan SDM kita musti meningkatakan daya saing meningkatkan sumber manusia yang unggul, musti kita lakukan mulai tahun depan 2023,” bebernya.

Sementara itu Camat Sluke Wiyoto menyampaikan jika sumber daya alam yang ada di Kecamatan Sluke sangat lengkap. Mulai dari laut, gunung, hingga sektor pertanian yang menjadi andalan masyarakat setempat.

“Sumber daya alam melimpah, tapi harus dibarengi dengan SDM yang berkualitas. Ini sangat penting. Jadi kedepan persiangan disemua sektor sangat luar biasa,” kata Camat. (Asmui)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…