REMBANG – Rembang masih dihadapkan dengan permasalahan stunting pada anak. Gerakan gemar makan ikan dinilai menjadi salah satu solusi untuk mendukung program perbaikan gizi masyarakat dan penanganan tumbuh kembang tersebut.

Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting, M. Hanies Cholil Barro’ mengatakan Pemkab setempat terus berupaya mempercepat penanggulangan stunting. Berbagai program dan strategi sudah dilakukan mengurangi stunting.
Meski prevalensi stunting di Kabupaten Rembang pada beberapa tahun ini mengalami penurunan secara signifikan, namun persentasenya tergolong masih tinggi di Jawa Tengah. Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Rembang, prevelensi stunting di tahun 2021 sebesar 18%.

“Kita paparkan beberapa aksi yang dilakukan 2021 kemarin, 2022 ini nilainya belum muncul, tapi secara informal dari provinsi sudah memberikan apresiasi kita. Karena penurunan yang signifikan. Dari 2021 kita diangka 23 % perhari ini kita sudah diangka 18 %,” jelasnya saat kampanye gemar makan ikan di Sarinah Resto yang berlokasi di kompleks taman Sarinah Desa Karangsari, Kecamatan Sulang, Kamis (02/06).

Wakil Bupati Rembang itu menambahkan, jika target angka stunting di Kabupaten Rembang menjadi satu digit pada tahun 2024 mendatang. Menurutnya, target tersebut sudah sesuai dengan langkah dan strategi yang dilakukan oleh Pemkab Rembang yang terus gencar mengkampanyekan gemar makan ikan.

Di Kabupaten Rembang sendiri terdapat 27 desa yang masuk dalam daftar prioritas penurunan angka stunting. 10 Desa tersebut tersebar di 10 kecamatan. Meliputi, Kecamatan Sumber, Sarang, dan Kaliori masing – masing terdapat 3 desa. Kecamatan Bulu, Lasem dan Pamotan 1 desa. Kecamatan Kragan 2 desa, serta Kecamatan Sedan 4 desa. (As)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Tahun 2023 Ini Program Transmigrasi Masih Terbuka

Program pemerataan penduduk transmigrasi masih membuka peluang bagi masyarakat yang ingin menjadi…

SMK dan Ponpes Arrohmaniyah milik Bupati Rembang, dilaunching

  Di Desa Pamotan, Kecamatan Pamotan, kini telah berdiri Sekolah Boarding School…

Gelombang Tinggi, Nelayan Pulang Dengan Tangan Hampa

REMBANG – Tingginya gelombang laut di pesisir utara Kabupaten Rembang membuat nelayan…

Pemkab siapkan perda SMP SMA bisa baca Quran

  PAMOTAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang, saat ini, telah menyiapkan Rancangan…