Kabar baik bagi peternak di Kabupaten Rembang. Pasalnya, Vaksin untuk hewan agar terhindar dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), sudah diproduksi oleh pemerintah pusat.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Rembang, Abdul Hafidz, saat apel pagi, di Halaman Kantor Dinas Pertanian dan Pangan (Dintanpan) Kabupaten Rembang, Hari Rabu (15/6).

Bupati mengatakan untuk besaran jumlah vaksin yang diberikan oleh Pemerintah pusat kepada peternak di Rembang, saat Pemerintah Kabupaten Rembang, masih menunggu pendistribusian.

“Besuk tanggal 17 Juni, tim dari pusat turun ke Rembang, untuk koordinasi dengan dinas terkait,” Imbuhnya.

Bupati berharap kepada pemilik ternak utamanya sapi, tidak usah khawatir tentang PMK. Karena pemerintah telah siap menvaksin sapi dan tingkat kesembuhan sapi yang terjangkit PMK cukup tinggi. Dengan masa inkubasi 14 hari.

Kepala Dintanpan Kabupaten Rembang, Agus Iwan Haswanto menerangkan sasaran penerima vaksin yaitu ternak sapi kondisi sehat. Sedangkan vaksin pertama dimungkinkan dimulai pekan depan. Sementara vaksin ke-2 dilaksanakan 6 bulan setelah vaksin pertama.

“Sasarannya diutamakan sapi yang sehat. Yang belum bergejala PMK. Sementara sapi yang terjangkit PMK, akan divaksin 6 bulan setelah sembuh,” Tuturnya.

Berdasarkan data di Dinas terkait, per hari Rabu (15/6), terjangkit PMK sebanyak 3.000an, sembuh 500, mati 6 dan mati karena disembelih 30.(Dari Rembang Masudi melaporkan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…