LASEM – Tepat di 4 Juni 2023 ini, umat Budha di seluruh dunia merayakan Hari Raya Trisuci Waisak 2567 Buddhis Era, begitupun umat Budhis di Kabupaten Rembang merayakan puncak waisak di Vihara Ratabavana Arama, Desa Sendangcoyo, Kecamatan Lasem. Upacara puja bakti Waisak dalam rangka menyambut detik-detik Waisyak dipimpin langsung oleh Kepala Vihara, Bhante (Bhikkhu) Piyadhiro Thera dimulai pada 10.20 sampai 10.55 WIB.

Kepala Vihara mengatakan dengan datangnya Tri Suci Waisyak 2567 Budhis, dalam pesan sucinya mengajak kepada umat Budha untuk memperkokoh moral membangun kedamaian bangsa.

“Mari kita bersama-sama menjaga moral kita, supaya kedamaian bangsa kita menjadi bangsa yang rukun, damai, tentram, saling mengingat, saling menyayangi, saling menghargai antara satu dengan lainnya sehingga tercapai kedamaian,” imbuhnya.

Bhante Piyadhiro mengungkapkan tanpa ada penghargaan atau tanpa penghormatan dengan agama lain, organisasi lintas agama, maka akan susah membuat damai. Pasalnya, warga Budhis Indonesia, hidup di negara majemuk. Sehingga perlu mencari persamaan tetapi bukan mencari perbedaan.

 

Hal itu sesuai slogan yang tertera di Kitab Sutasoma yang berbunyi Bhineka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu jua, tidak ada hukum yang mendua.

Untuk mencapai ketenteraman itu menurut Bhante Piyadhiro dengan mengembangkan cinta kasih lewat ucapan dan perbuatan. Dilanjutkan berbagi pada sesama serta mengembangkan moralitas paling dasar dengan tidak membunuh, tidak mencuri, tidak berbuat asusila, tidak berbicara yang tidak benar dan tidak bermabuk-mabukan.

“Selanjutnya menjalankan kebenaran, meyakini kebenaran. Setelah meyakini, menjalankan kebenaran. Sehingga hidup kita menjadi terarah, terukur. Menjadi lebih baik lagi.

Kegiatan hari suci Waisyak dimulai dari pattidana (mengumpulkan dana makanan dari umat, oleh Bhikkhu) mulai jam 9.30 sampai jam 10.00 waktu setempat, dilanjutkan upacara puja bhakti dan pembacaan dhamma di pukul 10.41.(Masudi/CBFM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Pelaku Pencabulan Jalanan Babak Belur Dihajar Warga

Warga geram dengan ulah seorang pemuda asal Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora. Dia…

Daftar Kejadian Bencana Alam di Kabupaten Rembang 2021

Sepanjang 2021 terjadi beberapa bencana alam yang menyambangi sejumlah wilayah di Rembang.…

Tidak Ada Tanda Kekerasan Pada Tahanan Asal Jakarta Yang Meninggal di Rutan Rembang

Rumah Tahanan (Rutan) kelas II B Rembang menegaskan tidak ada tanda kekerasan…

Truk Rem Blong di Turunan Lampu Merah di Balikpapan Ternyata Pernah Terjadi di Rembang

Masih dijumpai truk bersumbu besar melintas angkutan barang melintas di jalan dalam…