Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (Dindagkop UKM) Kabupaten Rembang memberikan pelatihan Micro Business Game (MBG) kepada pelaku UMKM. Bekerjasama dengan salah satu perbankan, pelatihan tersebut di gelar di aula dinas terkait, Rabu (9/3).

Kepala Dindagkop dan UKM Rembang, Mahfudz menyampaikan pelatihan MBG merupakan pelatihan yang sangat interaktif untuk pengusaha mikro dan untuk semua orang yang ingin belajar. Khususnya  dalam mempraktikan bagaimana keberhasilan dan keberlanjutan usaha kecil dapat ditingkatkan.

Lebih lanjut Mahfudz menerengkan, tujuan pelatihan MBG ini ditujukan untuk meningkatkan keterampilan bisnis dasar dan pemahaman tentang faktor-faktor yang memengaruhi kesuksesan bisnis. Lalu memahami pengertian berpikir dan bertindak dalam wirausaha.

Melalui pelatihan ini kita sangat berharap pelaku UMKM ini bisa me-manage kegiatan usaha UMKM agar lebih baik lagi dari sisi administrasinya, penjualannya, pengolahan dan pemasarannya. Kemasan pelatihannya diajak belajar dan bermain agar mereka mudah dalam memahaminya,” terangnya.

Mahfudz menambahkan, pelatihan MBG akan diselenggarakan secara berkelanjutan. Sehingga outputnya seluruh pelaku UMKM bisa mendapatkan ilmu yang sama untuk peningkatan kemampuan dalam dunia bisnis.

Salah seorang peserta pelatihan dari Kecamatan Kaliori, Nur Hidayah mengatakan pelatihan MBG tersebut sangat memudahkan dirinya untuk memahami sistem berwirausaha. Selain mendapat materi, dirinya juga bisa mempraktikkannya secara langsung melalu game yang telah disediakan.

Menurutnya, dengan adanya pelatihan tersebut dapat menambah kepercayaan diri para pelaku UMKM dalam melangkah mengambil keputusan. Beberapa ilmu yang didapat dari pelatihan itu meliputi perkiraan penjualan, penghitungan biaya pemasok, penghitungan pendapatan hingga pembuatan laporan keuangan.

Ini ada kartu peristiwa, nanti konsekuensinya seperti apa, bagi kami itu lebih mengena banget. Disini juga kita sering komunikasi, mempresentasikan yang kita buat, dan ditanya followup dari ilmu yang kita dapat. Menurut saya kita jadi tambah pintar, jadi lebih tahu cara dalam menjalankan sebuah usaha,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…