Tingkat kepatuhan berlalu lintas di Kabupaten Rembang dari hari ke hari mengalami peningkatan yang semakin baik. Tingkat pelanggaran lalu lintas juga tercatat menurun. Kapolres Rembang AKBP Dandy Ario Yustiawan mengklaim jika pelanggaran lalu lintas di Rembang menurun 73 persen berdasarkan data tahun 2021 lalu.

Data pelanggaran lalu lintas pada tahun 2020 polisi menemukan 1.154.641 kasus pelanggaran lalu lintas di wilayah Kota Garam. Sedangkan tahun 2021 ada 846.889 pelanggaran yang ditemukan petugas di lapangan.

Artinya jika pelanggaran menurun, jumlah surat tilang yang dikeluarkan oleh Satlantas Polres Rembang juga turun. Pada tahun 2020 surat tilang yang dikeluarkan oleh petugas jumlahnya 704.547 lembar. Sedangkan tahun 2021 hanya 226.670 lembar.

Surat tilang yang keluar juga mengalami penurunan sebanyak 68 persen atau 477.877 lembar. Teguran pada tahun 2021 sebanyak 81.082, dibandingkan dengan tahun 2020 sebanyak 448.800, mengalami penurunan sebanyak 82 persen atau 367.718 teguran,” ungkap Kapolres Rembang AKBP Dandy Ario Yustiawan saat gelar Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2022 di halaman Mapolres Rembang beberapa waktu yang lalu.

Kapolres menambahkan, untuk lebih meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam berkendara, Polres Rembang akan rutin melaksanakan operasi keselamatan lalu lintas secara berkala setiap tahun.

Ia menjelaskan, operasi keselamatan lalu lintas candi tahun 2022, merupakan agenda cipta kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) pada masa pandemi Covid-19, dengan mengedepankan giat preemtif dan preventif disertai persuasif serta humanis.

Operasi keselamatan lalu lintas candi tahun 2022 dilaksanakan selama 14 hari, dimulai dari tanggal 1 sampai dengan 14 Maret 2022, secara serentak di seluruh
Indonesia. Diharapkan operasi keselamatan tahun ini dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19, menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta dapat meminimalisir fatalitas laka lantas yang mengakibatkan korban meninggal dunia,” pungkasnya. (Asmui)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…