Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (Dindagkop UKM) Kabupaten Rembang melakukan sidak pendistribusian minyak goreng oleh distributor ke pedagang pasar Kota Rembang. Dalam sidak tersebut terkuak bahwa masih ada pedagang yang menjual minyak goreng diatas Harga Eceran Tertinggi (HET).

Kepala Dindagkop dan UKM Rembang melalui Kabid Perdagangan, Tri Handayani, Rabu (9/3) menyampaikan senjang sidak yang dilakukan di 4 pedagang pasar masih ditemukan penjual yang menjual minyak goreng diatas HET. Itu artinya implementasi Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 6 Tahun 2022 masih belum sempurna di lapangan.

Untuk mengatasi temuan tersebut, Dindagkop telah membuatkan surat pernyataan yang menyebutkan bahwa pedagang bersedia menjual minyak goreng sesuai HET. Surat pernyataan itu pun ditandatangani oleh para penjual.

Sepanjang di 4 titik tadi masih ada (temuan harga diatas HET). Untuk itu kami buatkan surat pernyataan komitmen, kalau hari ini masih kita maafkan dan kita sosialisasi. Nanti beberapa hari kedepan akan kita cek lagi apakah harganya sesuai anjuran kami atau tidak,” terangnya.

Jika surat pernyataan komitmen tersebut dilanggar oleh pedagang, lanjut dia, sesuai Permendag Nomor 6 Tahun 2022 akan diberi sanksi administratif. Sanksi tersebut berupa peringatan tertulis, penghentian kegiatan sementara, hingga yang terberat pencabutan ijin berusaha.

Selama sidak tersebut juga didapati pedagang yang menjual minyak secara bundling kepada konsumen. Salah seorang pembeli bernama, Sri Ningsih kebetulan membeli minyak goreng di tempat pedagang yang sedang disidak.

Mengetahui hal tersebut sontak, pedagang langsung diperingatkan oleh aparat kepolisian yang saat itu bersama TNI mendampingi Dindagkop melakukan sidak. Sri pun mengaku lega bisa membeli minyak goreng tanpa harus membeli barang lainnya yang belum ia butuhkan.

Tadi penjualnya dimarahin petugas. Itu tidak boleh, tidak ada aturannya seperti itu, gitu. Ya alhamdulillah lega bisa dapat minyak goreng tanpa harus belanja,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…