foto istimewa. Pohon tumbang di Kecamatan Bulu beberapa waktu yang lalu

REMBANG – Masyarakat yang biasa melintas di jalan penghubung antara Desa Sidowayah, dengan Desa Kumbo, Kecamatan Sedan dihimbau agar waspada karena terdapat pohon milik perhutani yang berlokasi di tepi jalan penghubung antara dua desa tersebut diduga sudah lapuk dan rawan tumbang.

Hutan dikawasan desa ini merupakan hutan lindung. Sehingga tidak sembarangan untuk menebang pohon yang berada di kawasan itu, meski sudah lapuk.

Budi seorang warga yang biasa melintasi jalan antar desa tersebut menyebut dahulu sempat ada pohon yang pernah tumbang. Tetapi tidak sampai ada korban luka.

Karena saat kejadian robohnya pohon tersebut kebetulan tidak ada kendaraan sepeda motor maupun mobil, atau truk yang tepat melintas. Namun biasanya daerah tersebut memang ramai lalu lalang kendaraan. Karena merupakan akses satu-satunya untuk penghubung antar desa sekitar.

“Itu ada pohon yang dilindungi dan ada yang tidak. Tapi pohon itu ukurannya besar. Lokasinya di Desa Sidowayah menuju Desa Kumbo, sama Desa Sedan. Ada yang pernah tumbang, tapi gak ada korban,” kata Budi.

Lebih lanjut Budi menyebut pohon yang nampak rapuh tersebut berukuran besar. Diperkirakan berdiameter satu rangkulan orang dewasa. Untuk itu ia berharap agar pihak terkait memberikan solusi agar tidak membahayakan warga yang melintas.

“Pohon yang rapuh besar mas ukurannya satu pelukan orang dewasa. Kami berharap ada penertiban dari pihak Perhutani selaku pemangku kebijakan. Ada pohon yang sudah miring, kemudian ada yang kering, dan ada yang patah tapi masih nyangkut diatas belum jatuh ke bawah,” harapnya.

Sementara itu Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Rembang melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Risang Soko mengaku sudah menerima curahan hati masyarakat sekitar Desa Sidowayah Kecamatan Sedan.

Pihaknya akan segera berkomunikasi dengan Perhutani terkait pohon yang berlokasi di tepi jalan yang diduga sudah rapuh itu. (Asmui/Msd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

SMK dan Ponpes Arrohmaniyah milik Bupati Rembang, dilaunching

  Di Desa Pamotan, Kecamatan Pamotan, kini telah berdiri Sekolah Boarding School…

Gelombang Tinggi, Nelayan Pulang Dengan Tangan Hampa

REMBANG – Tingginya gelombang laut di pesisir utara Kabupaten Rembang membuat nelayan…

Pemkab siapkan perda SMP SMA bisa baca Quran

  PAMOTAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang, saat ini, telah menyiapkan Rancangan…

Cegah Anak Putus Sekolah, Baznas Punya Program Santunan Cerdas

REMBANG – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Rembang memiliki program unggulan…