Pada umumnya seseorang yang mulai menggeluti usaha pasti berorientasi pada keuntungan atau laba yang menjanjikan. Dari ketuntungan tersebut yang kemudian nantinya digunakan untuk mengembangkan usahanya.

Namun hal itu tak berlaku untuk Tharikun warga dukuh Bangker Desa Sendangagung Kecamatan Kaliori. Dirinya justru tidak mementingkan keuntungan yang ia dapatkan dari usahanya memproduksi sabun cuci piring.

Baginya bisa memberi manfaat kepada orang lain merupakan hal yang cukup luar biasa. Dan itu menjadi prinsip yang ia pegang hingga sekarang.

Produk miliknya dengan kemasan 450 mili leter dijual dengan harga Rp. 7 ribu. Sedangkan kemasan 1 liter harganya Rp. 12 ribu dan untuk yang 5 liter dijual Rp. 60 ribu.

“Saya kasih harga segitu karena saya tidak memburu keuntungan. Karena prinsip yang saya pegang, kita harus memberi manfaat kepada orang lain. Kita punya apa, harus memberi manfaat kepada orang lain. Satu contoh saya punya keahlian membuat sabun, manfaat apa yang kita berikan kepada masyarakat. Itu aja,” terangnya.

Diakuinya, jika dihitung secara ilmu managemen, usaha produksi sabun cuci piring miliknya jelas tidak memiliki prospek yang baik. Meski demikian, dirinya cukup puas dengan berbagi manfaat kepada orang lain.

Dirinya membeberkan, kendala yang dialaminya saat ini adalah tidak banyak orang yang mengenal produk miliknya. Padahal jika dilihat dari segi ekonomis, produk miliknya jauh lebih menghemat pengeluaran rumah tangga.

Ijin produksi dan ijin pemasaran produk usaha yang ia mulai sejak setahun yang lalu itu juga sudah kantonginya. Hanya kendala pemasaran yang saat ini dihadapinya.

“Kita masih terkendala belum dikenal itu mas, terkendala promosi. Jadi masyarakat belum tahu kalau di Rembang itu ada produsen sabun,” ucapnya.

Dirinya menambahkan, setiap kali ada yang memesan akan langsung diantarkan ke rumah pemesan. Karena saat ini ia juga berprofesi sebagai loper koran, pesanan bisa sekalian dibawa saat berangkat kerja.(Rendi) 1010

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…