SUMBER – Sedekah bumi desa Pelemsari, kecamatan Sumber, hari rabu (10/8), dimeriahkan tawur nasi. Pasalnya, dalam pesta tradisi tahunan yang digelar di Sendang Nyah itu para pemuda desa setempat saling bertengkar dengan nasi sebagai senjatanya.

Kepala desa Pelemsari – Maspin mengatakan tradisi tawur nasi menjadi tradisi turun temurun sejak dulu. Sebagai bentuk syukur kepada tuhan yang maha esa. Harapannya hasil panen padi di tahun mendatang bisa lebih banyak, terhindar dari penyakit, masyarakatnya bisa tenang dan tenteram.

“Sudah dari dulu. Turun temurun dari nenek moyang. Tinggal kita mengenalkan adat istiadat kepada generasi penerus, agar tidak tergerus dengan perkembangan zaman modern. Mengenalkan generasi muda tentang jerih payah generasi pendahulu dalam membangun desa,” Imbuhnya.

Maspin menjelaskan tradisi tawur nasi sudah mendarah daging di kalangan masyarakat desa yang berada di perbatasan Kecamatan Sumber dengan Kecamatan Bulu itu.

Pasalnya, menurut kepercayaan masyarakat yang diyakini kebenarannya oleh para sesepuh desa setempat, apabila tidak ada kegiatan prosesi tawur nasi maka akan terjadi pageblug dan gagal panen.

Sehingga dalam kegiatan sedekah bumi di masa pandemi Covid-19 tahun 2020 dan 2021 kemarin, menurut Maspin masyarakat setempat tetap menggelar pesta tawur nasi. Walaupun untuk kegiatan pementasan kesenian seperti kethoprak dan orkes dangdut ditiadakan.

Salah satu peserta tawur nasi, Edy Raja Rimba merasa senang karena setiap tahun menjadi bagian dari pasukan tawuran.

“Kalau mukul ya sekeras-keras mungkin, karena itu bagian dari tradisi turun temurun,” Ujarnya.

Edy menuturkan karena tawur nasi merupakan hiburan ketika sedekah bumi, sehingga tidak ada rasa dendam kepada pelempar nasi seusai pesta tawur nasi selesai.(Masudi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Solois Rembang, Bare Lepas Single Kedua “Out of You”

Penyanyi solo (solois) asal Rembang, Bare melepas single kedua “Out of You”,…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…