REMBANG – Bulan November 2022 ini, para petani di wilayah Kabupaten Rembang tengah giat menggarap lahan untuk menyongsong Masa Tanam (MT) padi periode 2022-2023.

Sebagian sudah rampung menanam padi, dan sebagian lainnya tengah proses menggarap lahan sebagai persiapan.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Rembang, Agus Iwan Haswanto mengatakan, sampai dengan bulan November 2022 ini sudah ada sedikitnya 1.950 hektar lahan petani sudah rampung ditanami pada MT 1.

Jumlah tersebut akan terus bertambah, seiring dengan banyaknya petani yang tengah menggarap lahan. Dan tinggal menunggu benih padi yang masih dalam proses penyemaian.

“Pertengahan November 2022 kemarin sekitar 1.950 hektar. Tetapi setiap hari terus bertambah, karena pengolahan sudah dilakukan tinggal kesiapan benihnya saja,” jelasnya.

Lebih lanjut Iwan menambahkan jika sampai dengan akhir November ini ditargetkan terdapat 4.500 hektar lahan pertanian yang sudah ditanami padi. Tentunya sampai dengan bulan Januari dan Februari 2023 tercapai 25.000 hektar lahan padi.

“Target kita sampai dengan November akhir ini tertanam sekitar 4.500 hektar. Mungkin Desember lebih tinggi lagi. Sampai dengan Januari – Februari menjadi 25.000 hektar,” bebernya.

Mengenai apakah ada rekomendasi bibit padi yang baru untuk ditanam para petani, Iwan mengaku pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada para petani. Karena para petani lebih tahu dan paham karakter masing-masing lahan.(Asmui/Msd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

BPBD Tetap Siaga Meski Tak Ada Banjir, Alat Pendeteksi Cuaca Dipasang

REMBANG – Cuaca buruk memang menghantui hampir seluruh wilayah di Indonesia. Tak…

Hari Disabilitas Internasional, Bupati Ingatkan Perusahaan Harus Akomodir Penyandang Disabilitas

Hari Penyandang Cacat Internasional diperingati setiap tanggal 3 Desember. Peringatan ini bertujuan…

Pemkab revitalisasi pasar tradisional

  KRAGAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang, optimalisasi sarana dan prasarana perdagangan…

Kerja Cepat, BKD Rembang Proses SK CPNS Sehari

REMBANG – Pemerintah Kabupaten Rembang sudah mengambil sumpah janji Calon Pegawai Negeri…