Momen hari raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban tak hanya dirayakan oleh masyarakat pada umumnya, tetapi juga dirasakan oleh para warga binaan. Seperti yang terlihat di Rumah Tahanan Kelas IIB Rembang pada Minggu (10/7) kemarin.

Mereka menjalani hari raya Kurban ini penuh dengan kebersamaan, baik sesama warga binaan maupun petugas atau pegawai Rutan. Kegiatan dimulai dari sholat Idul Adha, menyembelih dan memotong-motong daging sapi sampai dengan makan bersama makanan olahan daging hewan kurban.

Kepala Rutan, Supriyanto bersama jajarannya dan sejumlah warga binaan yang menjadi panitia kurban tampak sibuk bersama- sama memotong daging kurban.

Seperti tak ada sekat antara narapidana dengan pegawai rutan.

Bahkan di momen suci bagi Umat Islam ini, menjadi hari yang spesial bagi salah satu narapidana. Anton bukan nama sebenarnya, mengaku menjadi panitia kurban merupakan pengalaman pertamanya.

Selama ini dirinya tak pernah ikut memomotong daging kurban. Hanya membakar sate daging kurban saja bersama teman- temannya.

“Seneng mas ternyata bisa ikut merasakan. Ini juga pengalaman pertama, selama ini belum pernah ikut nguliti dan motongi daging kurban, semoga petugas dan warga binaan semakin kompak, ” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Rutan kelas IIB Supriyanto melalui Kepala Humas Fatkhurrohman menyebutkan pada hari raya kurban tahun ini ada tiga sapi dan empat ekor kambing. Hewan kurban ini ada yang berasal dari pegawai-pegawai Rutan dan ada juga dari pihak luar seperti mantan warga binaan.

“Dagingnya dimasak di dalam rutan oleh warga binaan dan dibantu juga oleh petugas-petugas rutan kelas IIB Rembang. Ada makan bersama antara warga binaan dan petugas dalam rangka hari raya kurban ini, ” ujarnya.

Ia menyampaikan terima kasih kepada semua pegawai Rutan dan masyarakat dalam peringatan Hari Raya Idul Adha telah berkurban. Kesediaanya untuk berbagi dengan warga binaan didoakan menjadi ladang ibadah mereka yang rela berkurban maupun yang menerima daging kurban.(Dari Rembang Rendy melaporkan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…