Tangani Longsor di Bantaran Sungai Jatihadi, BPBD Usulkan Bantuan Bronjong ke BBWS

SUMBER – Bantaran sungai di Desa Jatihadi, Kecamatan Sumber, yang mengalami longsor akibat hujan deras, beberapa waktu lalu menyumbang pendangkalan di sungai tersebut. Lokasi tersebut, telah menjadi sasaran normalisasi daerah aliran sungai (DAS) Randugunting.

Namun normalisasi tersebut hanya menyasar sungainya saja, bukan membuat tanggul untuk bantaran yang longsor. Sehingga perlu penanganan dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana yang memiliki wewenang.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Rembang, Sri Jarwati menyampaikan kegiatan normalisasi di Desa Jatihadi itu merupakan hasil kolaborasi antara BBWS Pemali Juana, BPBD, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang bersama Desa lokasi sasaran.

Pada kesempatan itu, bantaran sungai yang longsor telah diusulkan oleh BBWS Pemali Juana yang hadir di lokasi. Rencananya bantaran yang longsor tersebut bakal ditangani menggunakan bronjong.

“Jadi kita selain normalisasi, kami juga mengusulkan untuk bantuan bronjong dari BBWS. Sudah kita komunikasikan bantuan ke BBWS,” kata dia.

Ia berharap, usulan bantuan tersebut bisa direalisasikan oleh BBWS Pemali Juana. Sebab penanganan menggunakan bronjong dapat melindungi dan memperkuat struktur tanah di sekitarnya agar tidak terjadi longsor.(Rendy/Msd/CBFM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *