Ombak besar yang menerjang kawasan pesisir Rembang secara tidak langsung memukul perekonomian nelayan. Selain merusak sejumlah infrastruktur di pesisir pantai, para nelayan juga terpaksa menganggur hingga kondisi ombak mereda.

Seperti yang dialami Kusno, nelayan Desa Gegunung Kulon RT 2 RW 1 Kecamatan Rembang. Dirinya mengaku sudah 5 hari tidak berangkat melaut akibat tingginya gelombang air laut.

Imbasnya, uang tabungan yang ia kumpulkan dari hasil melaut sebelumnya terpaksa digunakan untuk menyambung hidup. Tabungan tersebut memang selalu ia sediakan untuk berjaga-jaga jika kondisi laut sedang tidak bersahabat dengan nelayan.

“Kalau aktifitas kalau rob ya tidak kerja, berhenti semua. Untuk kebutuhan sehari-hari ya pakai uang yang dulu-dulu kan masih ada, pakai tabungan itu. Nanti kalau sudah reda, tidak ada rob dan gelombang kita kerja lagi. Libur kerja sudah sekitar 5 harian,” terangnya.

Kusno mengaku, sekali melaut rata-rata dirinya bisa membawa pulang uang sebesar Rp. 500 ribu setiap harinya. Namun pendapatan tersebut belum terpotong untuk kebutuhan bahan bakar, bekal, dan upah anak buah kapal (ABK).

Saat ini kondisi gelombang air laut tergolong sudah cukup mereda. Dirinya memprediksi keesokan harinya sudah bisa kembali mencari nafkah di laut.

“Besok juga sudah bisa bekerja (melaut). Perkiraan ombaknya sudah mereda, jadi bisa kembali bekerja,” Pungkasnya.(Dari Rembang Rendi melaporkan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…