REMBANG – Persiapan untuk pelaksanaan upacara bendera pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia terus dilakukan. Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) Kabupaten Rembang pun saat ini terus mematangkan persiapan tersebut.

Salah satu anggota tim pelatih Paskibraka Pelda Yuliarso Jum’at, 12 Agustus 2022 mengatakan mereka sudah berlatih selama 16 hari untuk menjadi pasukan pengibar bendera yang akan mengibarkan bendera merah putih di Alun-alun Rembang.

“Dari tanggal 28 Juli kami dari tim pelatih Paskibraka ada 4 orang dari TNI – Polri sudah menyiapkan adek-adek SMA ini sebagai anggota pasukan pengibar bendera. Semoga nanti dalam pelaksanaannya mereka dapat berhasil,” kata Yuliarso.

Sampai dengan H-5 pelaksanaan upacara, secara persiapan 75 orang pasukan pengibar bendera sudah menguasai gerak dasar PBB. Mereka tinggal mengulas untuk mencapai titik mahir pada saat bertugas pada tanggal 17 Agustus nanti.

“Sampai hari ini tanggal 12 Agustus 2022 persiapan PBB untuk pengibar bendera sudah 90 persen. Latihan dasarnya sudah semua tinggal dalam tahap mahir aja,” tambahnya.

Yuliarso anggota TNI yang bertugas di Kodim Rembang itu mengaku, pada minggu pertama ada sejumlah peserta pingsan. Namun setelah memasuki hari berikutnya mereka sudah terbiasa dengan latihan fisik di bawah terik matahari.

Apalagi belakangan ini wilayah Kabupaten Rembang dilanda suhu ekstrim hingga 34 derajat Celcius. Sehingga hal tersebut menjadi tantangan bagi siswa siswi SMA pilihan itu.

“Pada minggu pertama memang ada yang pingsan, tapi memang ini memasuki suhu ekstrim, panasnya sampai 34°c. Kalau awal-awal masih ada mendungnya,” tutur warga Desa Kabongan itu.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, pelatihan menyiapkan pasukan inti dan cadangan untuk pasukan pembawa baki bendera merah putih.

“Kami menyiapkan pasukan inti dan cadangan untuk pasukan pembawa baki bendera untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” pungkasnya.

Dia berharap sampai pelaksanaan nanti dapat menampilkan yang terbaik dan sukses mengibarkan bendera pada hari bersejarah. (Asmui)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Tahun 2023 Ini Program Transmigrasi Masih Terbuka

Program pemerataan penduduk transmigrasi masih membuka peluang bagi masyarakat yang ingin menjadi…

SMK dan Ponpes Arrohmaniyah milik Bupati Rembang, dilaunching

  Di Desa Pamotan, Kecamatan Pamotan, kini telah berdiri Sekolah Boarding School…

Gelombang Tinggi, Nelayan Pulang Dengan Tangan Hampa

REMBANG – Tingginya gelombang laut di pesisir utara Kabupaten Rembang membuat nelayan…

Pemkab siapkan perda SMP SMA bisa baca Quran

  PAMOTAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang, saat ini, telah menyiapkan Rancangan…