Tahukah anda jika setiap tanggal 8 Maret diperingati sebagai hari perempuan sedunia. Hari Perempuan Sedunia diperingati dengan menyoroti nilai sosial, budaya, ekonomi, dan politik perempuan.

Kali ini kami ada sosok-sosok perempuan yang tangguh di Desa Cabean Kidul, Kecamatan Bulu. Dimana perempuan di tempat ini sehari hari sudah terbiasa dengan tradisi dan pola kehidupan yang islami.

Ternyata disisi lain, yang mungkin belum banyak diketahui banyak orang, di Desa Cabean Kidul juga ada komunitas tari yang dipelopori oleh kaum perempuan diwilayah desa setempat.

Salah satu pengurus sanggar tari diwilayah tersebut Hartin Muntachobah bercerita, peserta tari terdiri dari anak usia sekolah dasar, hingga SMA. Untuk mengikuti latihan menari ditempat ini tidak dipungut biaya alias gratis. Karena mendapat dukungan penuh dari pemerintah desa setempat.

Untuk latihan tari itu minimal tingkat SD, sampai dengan SMA ditambah ibu – ibu. Peserta hanya warga Desa Cabean Kidul. Untuk pendaftaran yang penting hadir dulu. Kalau datangnya dipertengahan latihan, itu gak masalah yang penting hadir. Ini gratis,” katanya.

Selain mencari bakat, sanggar tari tersebut dibentuk sebagai bentuk menampung aspirasi para perempuan diwilayah setempat yang ingin mempelajari seni dan mengembangkan bakat mereka.

Latihan tarian ini untuk menciptakan atau membuat bakat, akan diasah terus nanti tim yang punya bakat. Yang belum mahir juga sangat dianjurkan untuk latihan terus,” bebernya.

Perempuan yang juga aktif disejumlah ormas itu mengaku ingin menunjukkan keberadaan Desa Cabean Kidul dengan kesenian. Karena setiap pentas mereka tidak akan meminta bayaran.

Yang penting kita bisa menunjukkan sesuatu dari Cabean selain Hadroh, karena Cabean potensi alamnya kebetulan tidak terlalu menonjol seperti desa yang lain, kayak Pasedan, Karangasem begitu,”pungkasnya. (Asmui)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…