Sosialisasi Gemar Makan Ikan (Gemari) untuk mencegah new stunting, mulai digencarkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang. Seperti pada hari Selasa (14/6) menyasar Desa Pasar Banggi, Kecamatan Rembang.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sofyan Cholid melalui Kabid Bina Usaha dan Peningkatan Daya Saing, Nurida Adante Islami mengatakan kemungkinan penyebab adanya kasus stunting di Pasar Banggi, karena produk olahan ikan warga lebih banyak dijual ke luar desa.

“Di sini banyak pengolah dan pemasar produk ikan, kemungkinan produknya lebih banyak dijual ke luar. Kedua karena disini diversifikasi menu olahan ikannya kurang, jadi masih banyak menu orang dewasa, ” ungkapnya.

Nurida Andante menghimbau kepada para Ibu bisa memberikan sajian makanan olahan ikan di keluarganya masing-masing. Termasuk inovatif dalam membuat diversifikasi makanan olahan ikan.

Eko Purwati salah satu pelaku usaha makanan olahan ikan Desa Pasar Banggi mengakui bahwa hasil laut banyak yang dijual, terutama yang kualitasnya bagus.

“Miyange dapatnya kroyo, dalam kroyo itu ada romboso. Yang kroyo dijual, yang dikonsumsi sendiri romboso. Romboso itu sama seperti rajungan tapi jenis lain, yang bagus dijual, ” pungkasnya.

Di desa Pasarbanggi sendiri yang terkenal dengan destinasi hutan mangrove itu cukup banyak pelaku usaha makanan olahan berbahan dasar ikan. Contoh saja rengginang teri ataupun udang, di sana ada beberapa orang yang menggelutinya. Belum lagi ikan asap ataupun jenis makanan olahan lainnya.(Dari Rembang Masudi melaporkan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…