Seni kaligrafi merupakan suatu ilmu yang memperkenalkan bentuk-bentuk huruf tunggal, letak-letaknya dan cara merangkainya menjadi tulisan yang tersusun yang indah. Di Indonesia, seni kaligrafi yang dikenal umumnya kaligrafi Arab.

Di mana tulisan Arab yang ditulis dengan gaya sedemikian rupa, sehingga tulisan tersebut memiliki keindahan yang bernilai seni dan enak dipandang. Seni itulah yang menjadi salah satu unggulan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Sarang, karena banyaknya potensi anak-anak yang minat di bidang tersebut.

Kepala Sekolah SMP Negeri I Sarang, Sudrajad menyampaikan lokasi sekolah yang berdekatan dengan sejumlah pondok pesantren membuat potensi seni kaligrafi sangat bisa diunggulkan. Karena selain menimba ilmu di SMP Negeri 1 Sarang, para siswa juga mayoritas sebagai santri yang menimba ilmu di pondok pesantren.

“Siswa dari pondok pesantren sekitar, rata-rata berbakat di bidang seni kaligrafi. Makanya kita arahkan dan semacam menjadi branding bagi sekolah kami. Yang jelas potensi-potensi mereka kita tindaklanjuti, biar terus bermunculan. Rutinnya esktra sepekan sekali, tapi kalau ada kejuaraan, siswa terpilih didampingi secara khusus,“ tuturnya.

Sudrajad menambahkan perwakilan pelajar dari sekolahnya sudah berulang kali menjuarai lomba kaligrafi tingkat kabupaten maupun provinsi. Potensi tersebut kemudian diimbangi dengan pembinaan intensif, melalui ekstra kurikuler.

Seorang siswi kelas 9 SMP Negeri 1 Sarang, Cindy Cahayaningrum termasuk salah satu pelajar yang belakangan ini menjadi andalan sekolahnya dalam mengikuti lomba seni kaligrafi.

Pelajar dari Desa Babaktulung itu mengungkapkan peran guru sangat membantu dalam mengembangkan potensi seni kaligrafi yang ia tekuni sejak bangku kelas V SD.

“Mulai dari buat sketsa, lalu ngecat tulisan, kemudian buat hiasan di pinggir, itu tantangannya. Saya sendiri sudah beberapa kali ikut kejuaraan di tingkat kecamatan, kabupaten sampai provinsi,“ tutur Cindy.(Dari Sarang Rendy Teguh Wibowo melaporkan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…