REMBANG – Bupati Rembang, Abdul Hafidz secara resmi telah mengeluarkan surat keputusan (SK) bupati untuk 12 desa wisata baru di wilayahnya. Surat keputusan tersebut dibacakan oleh kepala daerah itu Kamis (16/6) di pendapa kompleks Museum Kartini Rembang.

Desa wisata baru itu meliputi Desa Candimulyo, Dadapan, Ngulahan Kecamatan Sedan, Desa Sudo dan Karangsari Kecamatan sulang, Desa Terjan Kecamatan Kragan, Desa Sendangasri dan Gowak Kecamatan Lasem, Desa Tuyuhan Kecamatan Pancur, Desa Panohan Kecamatan Gunem, Desa Tireman Kecamatan Rembang, Desa pamotan Kecamatan Pamotan.

Selain penetapan status desa wisata, pemerintah daerah juga mengukuhkan forum komunikasi desa wisata belum lama ini.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rembang, Mutaqin menyampaikan sebelumnya ada 16 desa wisata yang lebih dulu diresmikan. Dengan penambahan 12 desa wisata yang baru, maka desa wisata di Kabupaten Rembang menjadi 28 desa wisata.

“Penetapan desa wisata baru ini ada sebanyak 12 desa wisata. Sebelumnya Rembang sudah memiliki 16 desa wisata”, katanya.

Bupati Rembang Abdul Hafidz meminta sesama pengelola tempat wisata harus saling berkolaborasi untuk meningkatkan daya tarik antar wisatawan. Bukan bersaing untuk saling mematikan atau menghancurkan tempat wisata yang lain.

“Seluruh desa wisata, tidak boleh saling mematikan. Justru para pengelola Desa Wisata harus berkolaborasi agar semakin menambah daya tawar bagi wisatawan, Inovasi pengelola yang harus terus dilakukan. Sehingga wisatawan akan memiliki rasa ingin kembali lagi,” imbuhnya.

Bupati meminta pengelola wisata dan warga sekitar destinasi wisata dapat memanfaatkan momen kunjungan wisatawan. Seperti keberadaan seni budaya, kearifan lokal dan jika ada pembuatan kerajinan di desa itu maka bisa dikemas menjadi sebuah paket wisata.

Terkait Forum Komunikasi Desa Wisata , Bupati berpesan agar pengurusnya bisa bersikap netral. Tidak hanya mempromosikan desanya sendiri.

16 desa wisata yang sudah terlebih dulu sah yaitu Desa Tasikharjo dan Banggi Kecamatan Kaliori, Desa Tasikagung, Punjulharjo, Pasarbanggi,Tritunggal Kecamatan Rembang, Desa Bulu Kecamatan Bulu, Desa Babagan, Karasgede, Karangturi, Gedongmulyo, Dasun, Bonang, Binangun, Kajar, Kecamatan Lasem, Desa Balongmulyo Kecamatan Kragan.(Asmui)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Rembang akan jadi Tuan Rumah Jambore Relawan Nasional 2022

REMBANG – Pada tanggal 5 sampai dengan 7 Oktober 2022 Kabupaten Rembang…

Kepala Dinsos PPKB Subhan Tutup Usia

REMBANG – Kabar duka datang dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang. Pasalnya, Kepala…

Pilkades lancar, 16 incumbent terpilih kembali

  REMBANG – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Rembang, yang…

Partisipasi Pemilih pada pilkades serentak cukup tinggi

REMBANG – Partisipasi pemilih pada pemilihan kepala desa (Pilkades) di 42 desa…