REMBANG – Taman Rekreasi Pantai (TRP) Kartini, setelah lebaran, akan mulai direvitalisasi. Hal itu disampaikan oleh Bupati Rembang, Abdul Hafidz, saat berada di TRP. Kartini, baru-baru ini.

Bupati mengatakan mulai tahun 2023, penataan Taman Kartini dianggarkan Rp. 8 Miliar, kemudian diteruskan pada tahun 2024, dengan alokasi Rp. 25 Miliar.

“Sehingga keberadaan Taman Kartini ini, akan mempunyai nilai ekonomi dan akan punya nilai historis yang cukup membanggakan Kabupaten Rembang,” imbuhnya.

Hafidz mengungkapkan mengingat pada tahun 2023 ini, kawasan Alun-alun juga direvitalisasi. Sehingga selama pelaksanaan revitalisasi, Pedagang Kaki Lima (PKL) Alun-alun Kota Rembang, yang menurut rencana akan dipindah ke TRP. Kartini, akan direlokasi ke depan Stadion Krida Rembang atau di Kawasan Gambiran.

Setelah TRP. Kartini selesai direvitalisasi, Pemkab Rembang berencana merombak kawasan Taman Kartini sebagai pusat kuliner, sehingga bisa menjadi kombinasi yang menarik bagi pengunjung untuk datang ke sana.

Pasalnya, di situ terintegrasi antara TRP. Kartini sebagai destinasi wisata dan pusat kuliner baik yang dijual di los TRP. Kartini oleh PKL pindahan dari Alun-alun maupun Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang dijual di Rumah BUMN.

“Untuk menempatkan para PKL yang ada di Alun-alun, akan kita tarik sini semua. Sehingga orang ke sini, melihat Rumah BUMN, cari makan, bisa rekreasi, bisa renang di sini. Ini konsep yang sudah kita rencanakan untuk 1-2 tahun ini,” ujarnya.

Pejabat asal Pamotan itu menjelaskan salah satu konsep penataan TRP. Kartini di sana akan dibuatkan Patung RA. Kartini sebagai ikon identitas karena pahlawan nasional pejuang emansipasi wanita itu dimakamkan di Rembang. 

Setelah PKL dipindah ke destinasi wisata tertua di Rembang itu menurut Bupati, Alun-alun akan difungsikan menjadi ruang publik.(Masudi/CBFM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Solois Rembang, Bare Lepas Single Kedua “Out of You”

Penyanyi solo (solois) asal Rembang, Bare melepas single kedua “Out of You”,…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…