KALIORI – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rembang terus membentuk Desa Tangguh Bencana (Destana) di desa-desa untuk melatih mereka siap siapa mengatasi kemungkinan terjadinya bencana.

Seperti relawan Destana di Desa Kuangsan Kecamatan Kaliori. Desa ini sudah diresmikan sebagai Destana dan memiliki sejumlah relawan yang tangguh untuk mengurangi resiko jika terjadi bencana.

Kesiap siagaan mereka kemudian diuji saat terjadinya peristiwa kebakaran hebat yang menghanguskan ratusan bambu di desa tersebut pada hari Selasa 16 Agustus lalu.
Secara sigap para relawan Destana mengajak warga setempat untuk memadamkan api yang menghanguskan rumpun bambu di wilayah RT 5 RW 1 Desa Kuangsan.

Peristiwa kebakaran diduga dipicu oleh seorang warga yang lalai saat membakar sampah. Bekas sampah yang dibakar memunculkan api dan membakar rumpun bambu pada pukul 19.00 WIB.

Kepala Desa Kuangsan Tarmuji saat dikonfirmasi membenarkan hal itu. Ia memberikan apresiasi kepada para relawan Destana yang selalu sigap saat keadaan memanggil.

“Kejadian tersebut dapat diatasi dengan sigap oleh masyarakat setempat yang dipelopori oleh relawan Destana bentukan BPBD Kabupaten Rembang,” kata Tarmuji.

Tarmuji menambahkan api langsung padam meski warga setempat melakukan pemadaman dengan peralatan seadanya.

“Bakar sampah dekat dengan bambu merambat ke bambu. Tapi dengan sigapnya warga masyarakat yang dipelopori oleh Destana sehingga dapat padam dengan cepat. Petugas pemadam kebakaran datang itu sudah padam semua,” pungkasnya.

Sejauh ini BPBD Kabupaten Rembang sudah membentuk puluhan Desa Tangguh Bencana di 14 kecamatan.

Program pencangan 100 destana masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kabupaten Rembang 2021-2026. Dicanangkannya 100 destana dari 192 desa dan kelurahan itu karena banyaknya potensi bencana di Kabupaten Rembang.(Asmui)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Sudah ada 509 Ekor Sapi Terserang PMK

Pemilik sapi di Rembang perlu meningkatkan kewaspadaannya. Kerena Penyakit Mulut dan Kuku…

Dugaan Sementara Rumah Amblas di Dukuh Grajen Karena Ada Sumber Air Besar Di bawahnya

REMBANG – Belasan rumah terancam roboh karena tanah yang ditempati rawan amblas.…

Diduga Mengantuk Truk Seruduk Kendaraan Di depannya

REMBANG – Diduga mengantuk sebuah kendaran jenis truk Fuso, tabrak kendaraan yang…

Menunggu Hibah dari Pusat 83 Pedagang Sudah Berjualan di Pasar Kreatif Lasem

REMBANG – Pengelolaan pasar kreatif Lasem sampai dengan hari ini, masih dipegang…