Sempat vakum di tahun 2021, pesta siaga kembali digelar di Kabupaten Rembang pada tahun 2022 ini. Sebanyak 224 anak mengikuti pesta siaga yang digelar di komplek museum RA Kartini, Sabtu (19/3) kemarin.

Bupati Rembang H.Abdul Hafidz sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Kwarcab Rembang dalam pengarahannya mengatakan pesta siaga ini merupakan kegiatan yang memiliki banyak manfaat. Diantaranya untuk mempererat rasa persaudaraan, meningkatkan kemampuan dan ketrampilan pramuka siaga itu sendiri.

“Pesta siaga ini kegiatan yang sangat positif dalam membentuk karakter adik-adik siaga. Saya berharap juga adek- adek dapat mendorong perkembangan dan kemandirian gerakan pramuka untuk mempercepat upaya menumbuhkan karakter pemuda sebagai pemimpin bangsa.” Terangnya.

Pesta siaga kali ini mengambil tema ” Sehat, Cerdas, Tanggap dan Ceria, ” yang maknanya tak jauh dari dunia anak- anak. Barung yang ceria, berbudaya, cerdas, berkarakter dan berprestasi.

Lebih lanjut Kamabicab mengingatkan kepada seluruh peserta bahwa pesta siaga ini tidak sekedar perlombaan. Jauh lebih dari itu, kegiatan ini merupakan kompetisi yang menyenangkan bukan menegangkan dan menjunjung tinggi nilai- nilai luhur yang tertanam dalam Dwi Dharma Pramuka.

Sementara itu Wakil Ketua Bidang Bina Muda Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Rembang, Mutaqin menyebutkan pesta siaga 2022 itu diikuti oleh 224 peserta dari 14 Kwartir Ranting (Kwarran). Terdiri dari 112 peserta dari siaga putra dan 112 peserta dari siaga puteri.

Mutaqin menerangkan, karena masih dalam kondisi pandemi covid-19, pelaksanaan pesta siaga kali dilaksanakan dengan protokol kesehatan. Sehingga semua peserta dan pendamping dilakukan tes rapid antigen dan memakai masker.

“Untuk melaksanakan, kami melaksanakan dengan solusi. Diataranya dengan peserta dan pendamping yang terbatas. Kami juga melaksanakan rapid antigen kepada semua peserta dan pendamping.” Ujarnya.

Dalam penyelenggaraan pesta siaga tersebut, terpilih barung tergiat putera peringkat 1 sampai 3, masing-masing dari Lasem, Gunem dan Pamotan. Sedangkan barung tergiat puteri peringkat 1 sampai 3, meliputi Rembang, Kaliori dan Sarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…