Selain bahan pokok makanan, ketersediaan gas LPG dan bahan bakar minyak (BBM) juga perlu menjadi perhatian selama libur natal dan tahun baru (Nataru). Pasalnya, sepanjang liburan berlangsung, konsumsi masyarakat akan gas dan BBM bisa dipastikan meningkat.

Menanggapi hal itu, Asisten 1 Setda Rembang, Agus salim menyampaikan terkait ketersediaan gas LPG dan BBM selama libur nataru di Kabupaten Rembang masih aman. Sebab dari pertamina menambah jumlah pasokannya khusus selama libur nataru.

Untuk gas LPG 3 kilogram ada penambahan sebanyak 3,2 persen dari penyaluran normal. Sementara untuk realisasi bulan November, rata-rata menghabiskan 483.202 tabung per bulan.

Kemudian untuk BBM Gasoline atau lebih dikenal bensin mendapat penambahan sebanyak 8 persen dari penyaluran normal. Sementara untuk realisasi bulan November, rata-rata menghabiskan 4.241.637 liter per bulan.

Sedangkan untuk BBM Gasoil atau solar mendapat penambahan sebanyak 1,5 persen dari penyaluran normal. Untuk realisasi bulan November, rata-rata menghabiskan 9.766.466 liter per bulan.

“Jadi 2 bahan bakar minyak dan 1 LPG ini sudah ditambah oleh pemerintah pusat atau pertamina agar pada nataru ini tidak akan kekurangan, insya allah kalau tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab,” bebernya.

Sementara terkait kecukupan cadangan pangan gabah atau beras di Kabupaten Rembang, dirinya mengklaim masih cukup untuk 18 bulan ke depan. Sedangkan untuk ketersediaan jagung, stoknya masih sangat melimpah.

“Saya kira tidak ada masalah karena jagung ini kan bukan makanan pokok. Hanya sebagai makanan alternatif. Sehingga untuk stoknya tidak begitu meresahkan, karena stoknya sangat cukup tidak ada masalah sama dengan beras,” bebernya.

Diberitakan sebelumnya, stok kebutuhan pokok di Kota Garam jelang tahun baru, masih cukup aman. Mulai dari ketersediaan beras, terigu, telur, gula, kedelai dan minyak goreng.

Ketersediaan beras saat ini sebanyak 8.277,45 ton, terigu 10,3 ton, telur 8,4 ton, gula 98 ton, kedelai 27 ton, dan minyak goreng 23.801 ton.(Dari Rembang Rendy Teguh Wibowo melaporkan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…