Sungai randugunting yang dinormalisasi

REMBANG – Kabar gembira bagi para petani di wilayah Kecamatan Kaliori dan Sumber. Karena mulai tahun depan kebutuhan air di dua kecamatan ini akan disuplay dari Bendungan Randugunting, Blora.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Rembang Abdul Hafidz baru-baru ini. Menurut Bupati Pemerintah Kabupaten Rembang sudah meminta kepada pemangku kebijakan terkait agar para petani yang ada di aliran sungai Randugunting dapat memanfaatkan air dari bendungan Randugunting.

Kata Bupati jika Pemerintah Kabupaten Rembang tahun 2024 akan menata saluran air untuk para petani yang ada di wilayah Kecamatan Kaliori dan Sumber agar tidak ada masalah dengan air untuk sektor pertanian.

“Alhamdulillah dari tahun ke tahun kesejahteraan sudah meningkat, ukuran secara umum. Nah sekarang kita bagaimana mengembangkan dari tahun ke tahun. Dari Kaliori Sumber sudah tertangani masalah air, apalagi nanti dapat bantuan air dari bendungan Randugunting, itu untuk sawah,” kata Bupati

Hafidz memperkirakan ada sekitar 600 hektar lahan pertanian di sepanjang aliran sungai Randugunting yang dapat terbantu.

“Karena bendungan Randugunting satu detik 600 liter. Itu 600 hektar yang kanan kiri aliran. Rembesannya sampai lima kali lipat kanan dan kirinya,” tutur Bupati.

Selain itu untuk sektor pertanian sejumlah bendungan ukuran sedang terus dibangun setiap tahunnya. Hal itu bertujuan agar lebih banyak air hujan yang dapat tertampung, dan mencukupi sektor pertanian. (Asmui/Msd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

SMK dan Ponpes Arrohmaniyah milik Bupati Rembang, dilaunching

  Di Desa Pamotan, Kecamatan Pamotan, kini telah berdiri Sekolah Boarding School…

Gelombang Tinggi, Nelayan Pulang Dengan Tangan Hampa

REMBANG – Tingginya gelombang laut di pesisir utara Kabupaten Rembang membuat nelayan…

Pemkab siapkan perda SMP SMA bisa baca Quran

  PAMOTAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang, saat ini, telah menyiapkan Rancangan…

Cegah Anak Putus Sekolah, Baznas Punya Program Santunan Cerdas

REMBANG – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Rembang memiliki program unggulan…