REMBANG – Dampak banjir rob yang melanda sebagian besar warga pesisir membawa sampah dan menimbulkan sejumlah kerusakan.

Selasa pagi (24/5) sejumlah relawan dari BPBD, Banser, dan PMI membantu warga yang terdampak banjir rob dan gelombang tinggi disejumlah tempat.

Di Kecamatan Kragan, relawan PMI dan Banser membantu warga membersihkan puing sisa bangunan rumah yang rusak akibat diterjang gelombang laut.

Di tempat lain juga sama. Anggota BPBD bersama pemerintah Kecamatan Sarang dan sejumlah santri setempat membantu warga Desa Temperak, Kecamatan Sarang membersihkan sampah yang dibawa banjir rob.

Selain itu mereka juga membantu warga membuat peninggi tanggul sementara dengan menggunakan karung agar air tidak meluap ke perkampungan.

Rudy Wijoyo, anggota BPBD yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, warga setempat mendapatkan bantuan 100-an karung untuk membuat peninggi tanggul dengan cara diisi pasir. Selain karung, bantuan bamboo untuk memperkuat taanggul.

“Kita kemarin memberikan bantuan kepada warga yang terdampak rob. Itukan di Desa Temperak sungainya bermuara ke laut sungainya meluap keperkampungan. Rencananya akan kita tinggikan dengan tanggul sementara,” pungkasnya.

Selain memasuki pemukiman, banjir rob juga sempat merendam tempat wisata hutan mangrove di Desa Pasar Banggi, Kecamatan Rembang. Dalam vidio yang beredar, nampak air laut hampir menutup jembatan merah yang digunakan sebagai akses mengelilingi tempat wisata tersebut. (As)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Tahun 2023 Ini Program Transmigrasi Masih Terbuka

Program pemerataan penduduk transmigrasi masih membuka peluang bagi masyarakat yang ingin menjadi…

SMK dan Ponpes Arrohmaniyah milik Bupati Rembang, dilaunching

  Di Desa Pamotan, Kecamatan Pamotan, kini telah berdiri Sekolah Boarding School…

Gelombang Tinggi, Nelayan Pulang Dengan Tangan Hampa

REMBANG – Tingginya gelombang laut di pesisir utara Kabupaten Rembang membuat nelayan…

Pemkab siapkan perda SMP SMA bisa baca Quran

  PAMOTAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang, saat ini, telah menyiapkan Rancangan…