REMBANG – Dampak kemarau benar-benar terasa di Rembang. Cuaca panas dan tiupan angin begitu terasa tiap siang hari.

Kebakaran juga sering terjadi belakangan ini. Sabtu (26/08) kemarin ada tiga kali kejadian dalam sehari. Termasuk kebakaran yang menimpa gudang kayu milik mantan Bupati Rembang, Moch Salim.

Pertama kebakaran lahan tebu di Desa Turusgede, Kecamatan Rembang sekitar pukul 10.00 WIB. Diduga kejadian ini dipicu bara api saat warga membakar sampah yang tidak jauh dari lokasi kejadian.

Tak berselang lama, laporan kebakaran bambu datang dari Desa Dresi Wetan, Kecamatan Kaliori. Lokasinya berada di depan madrasah diniyah desa setempat. Petugas langsung datang ke lokasi untuk melokalisir api.

Kebakaran ketiga terjadi di gudang kayu milik Mantan Bupat Rembang Moch Salim. Hilir mudik mobil kebakaran sekitar pukul 16.00 waktu setempat menuju gudang kayu berlokasi di Punjulharjo, Kecamatan Rembang.

Gudang tersebut ternyata disewakan kepada perusahaan PT Kayumas Anugerah Jaya (KAJ). Besarnya api membuat seluruh regu pemadam kebakaran harus turun ke lokasi.

Kepala BPBD Rembang, Sri Jarwanti melalui Kepala Bidang Pemadaman Kebakaran Bambang Budiharso mengatakan ada 4 unit mobil pemadam kebakaran, 5 unit tangki supplay, 2 unit tangki supplay dari PT Karya Mina juga ikut bergabung membantu memadamkan api.

Proses pemadaman api masih berlangsung hingga pukul 19.00 WIB. Hal itu lantaran angin yang cukup kencang di lokasi kejadian.

Untuk itu pihaknya tidak bosan menghimbau kepada masyarakat di Kabupaten Rembang untuk tidak sembarangan menyalakan api ketika siang hari, apalagi saat ada tiupan angin kencang.

“Kami menghimbau seluruh warga di Kabupaten Rembang karena cuaca begitu terik dan tiupan angin sangat kencang. Api kecil yang jatuh bisa menyebabkan kebakaran,” bebernya.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah ada 23 kali peristiwa kebakaran selama bulan Agustus 2023. Mulai kebakaran lahan tebu, bambu, semak-semak, hingga kebakaran gudang kayu PT Kayumas Anugerah Jaya di Desa Punjulharjo Sabtu kemarin.(Asmui/Msd/CBFM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…