REMBANG – Pandemi Covid-19 belum berakhir, bahkan muncul varian baru yang karakteristik infeksinya belum diketahui pasti. Apa yang bisa dilakukan? Anda perlu mendapatkan vaksin dosis ketiga atau dikenal dengan vaksin booster.

 

Menurut dokter paru rumah sakit dr R Soetrasno Rembang Mulyadi Subarjo , dosis booster merupakan dosis vaksin yang membantu meningkatkan proteksi dari dua dosis vaksin Covid-19 di awal. Vaksin booster akan memberikan proteksi lebih lama melawan virus corona.

 

Meski sudah memenuhi dua dosis vaksin Covid-19 sebelumnya, masyarakat tetap memerlukan vaksin booster. Menurut Mulyadi vaksin booster membentuk antibodi lebih lama terhadap Covid-19 akan berkurang seiring berjalannya waktu.

 

“Booster diperlukan karena antibodi terhadap Covid-19 akan berkurang seiring berjalannya waktu. Biasanya 6 bulan sudah sedikit antibodinya sehingga diperlukan booster,” jelas dr Mulyadi Subarjo saat dialog yang disiarkan di Radio CBFM Kamis malam kemarin.

 

Berdasarkan sejumlah pengamatan, hasil uji lab segala jenis vaksin Covid-19 mengalami penurunan kadar antibodi secara signifikan setelah 6 bulan pemberian dosis satu dan dua.

 

“Data imunogenisitas dari pengamatan hasil uji klinik dari semua vaksin Covid-19 menunjukkan adanya penurunan kadar antibodi yang secara signifikan menurun sampai di bawah 30 persen, terjadi setelah 6 bulan pemberian vaksin primer yang lengkap,” tambahnya.

 

Akan tetapi yang perlu diingat, Anda tidak akan kebal terhadap virus meski sudah menerima vaksin lengkap plus booster. Karena vaksin Covid-19 akan bermanfaat mencegah gejala berat, perawatan di rumah sakit dan kematian. Setelah vaksinasi booster, bukan berarti protokol kesehatan boleh kendor. Justru 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak) harus lebih ketat. (Asmui)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…