RSUD dr. R. Soetrasno Layani Pasien Batu Ginjal Dengan Tembak

REMBANG – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. R. Soetrasno Rembang, kini meningkatkan layanan kesehatan dengan mengembangkan layanan urologi bagi masyarakat. Pasalnya, rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten Rembang ini, memiliki alat kesehatan baru yaitu lithotripter.

Bupati Rembang, Abdul Hafidz mengatakan lithotripter merupakan mesin yang menghasilkan gelombang kejut atau Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL). ESWL merupakan salah satu prosedur terapi batu saluran kemih (BSK). ESWL menggunakan gelombang kejut untuk memecah batu ginjal yang kemudian dapat dikeluarkan melalui saluran kemih. 

“Alat pemecah batu dari luar. Tidak ada operasi. Alat itu ditempel. Alat ini menggerakkan semua sel-sel. Bergerak tekanannya di batu,” bebernya.

Ia menjelaskan sebelum adanya alat itu, pasien batu ginjal harus memerlukan operasi besar untuk menghilangkan batu ginjal. Namun sekarang dapat diobati dengan ESWL tanpa harus melakukan satu sayatan.

Bupati menerangkan alat ESWL sudah mulai dioperasikan pada 19 Februari 2024. Sehingga ada puluhan pasien yang langsung merasakan manfaat dari alat baru itu. 

Layanan ESWL menurut Bupati dilayani secara gratis. Karena ditanggung oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. 

Hafidz mengapresiasi upaya yang dilakukan jajaran RSUD dr. R. Soetrasno untuk memberikan layanan yang baik untuk masyarakat. Harapannya bisa mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Pasalnya, selama ini pasien batu ginjal dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. Kariadi.

“Selama ini pasien batu ginjal apabila berobat dirujuk ke Kariadi Semarang” pungkasnya.(Masudi/CBFM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *