REMBANG – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Soetrasno, Hari Kamis (18/8), melakukan penandatanganan kerjasama rujukan dengan 17 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di wilayah Kabupaten Rembang. Kegiatan dilaksanakan di Aula lantai 4 Kantor Bupati Rembang.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rembang, Ali Syofii mengatakan diadakannya kerja sama antar instansi di bawah Dinkes itu sesuai arahan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bahwa rujukan pasien diadakan dari Fasilitas Kesehatan (Faskes) terendah ke faskes di atasnya.

“Sistem pelayanan rujukan yang ditata oleh Kemenkes bahwa sistem pelayanan dilaksanakan dengan cara sistem berjenjang. Dilaksanakan dari faskes yang lebih rendah kepada faskes yang lebih tinggi. Dalam hal ini, dari Puskesmas ke Rumah sakit yang ada di wilayah tersebut” Imbuhnya.

Ali Syofii menjelaskan jika pasien yang dirujuk mengalami kestabilan kesehatan maka dilakukan rujukan kembali ke faskes awal.

Ali Syofii berharap dengan adanya kerja sama tersebut agar kedua belah pihak sama-sama merasakan simbiosis mutualisme. Sehingga perjanjian kerja sama tidak hanya tanda tangan hitam di atas putih namun membawa konsekuensi harus dicukupi dan dipenuhi.

Bupati Rembang, Abdul Hafidz dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Saya selaku bupati menyambut baik kepada Dinkes beserta Puskesmas-puskesmas dengan RSUD yang sudah membuat kerja sama,” Ujarnya.

Bupati berharap dengan adanya kerja sama itu baik pihak 1 maupun pihak 2 sama-sama melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang. Jangan sampai menuntut hak, namun kewajibannya tidak dipenuhi. Begitu juga sebaliknya, kewajibannya dieksploitasi namun haknya tidak diberikan.

Sehingga apabila ada yang dilanggar menurut Bupati maka akan ada pengingkaran terhadap perjanjian.(Masudi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…