Mainan yang terbuat dari bahan metal berbentuk replika dari mobil atau pun motor (Diecast) kerap dianggap sebagai mainan anak-anak. Entah itu Hot Wheels atau jenis lainnya. Padahal penggemarnya sampai orang-orang dewasa.

Andi Wahyu Susetyo salah satunya. Laki-laki usia 41 tahun ini mengoleksi mainan diecast sejak tahun 2000. Saat ini dia memiki koleksi kurang lebih 2000an mobil mainan diecast Hot Wheels termasuk koleksi dari merk lain yang dipajang di hampir seluruh dinding rumahnya.

Bahkan beberapa koleksi laki-laki yang akrab disapa Andi Holdhen itu tergolong langka dan bernilai hingga puluhan juta. Ia mengaku awal ketertarikannya mengoleksi mainan diecast sejak dirinya duduk di bangku SMA.

Dari situlah dirinya kemudian berlanjut untuk mempelajari dunia diecast merk Hot Wheels dengan berbagai kategori. Mulai dari yang Hot Wheels kategori biasa hingga Hot Wheels kategori langka atau hot item.

“Di Tahun 2007 saya baru mulai mengetahui jika Hot Wheels memiliki kategori dan bernilai ekonomis. Kemudian saya mengoleksi terus hingga saat ini jumlahnya hampir 2000an Hot Wheels,” kata dia.

Setiap kali keluar kota, lanjut Andi, pasti selalu disempatkan untuk hunting diecast Hot Wheels di beberapa pusat perbelanjaan. Menurutnya hal itu menjadi sebuah kewajiban membawa diecast Hot Wheels untuk menambah koleksi dirumahnya.

Jika ditotal, selama 22 tahun dirinya mengoleksi, budget yang dikeluarkannya untuk membeli Hot Wheels dan beberapa merk lainnya diperkirakan mencapai Rp. 100 juta. Tidak hanya dari yang dijual ditoko mainan, namun ada yang dibelinya dari lelangan para kolektor.

“Kalau ditotal sudah habis hampir Rp. 100 juta untuk beli Hot Wheels. Tapi itu dihitung tidak langsung sekali beli, jadi belinya sedikit-sedikit selama tahun 2000 sampai sekarang,” ungakpanya.

Selain mengoleksi, kata Andi, mainan diecast Hot Wheels atau dari merk lain yang dimilikinya juga ada yang dijual. Bahkan hot item atau barang langka yang dimilikinya juga dijual, tentu dengan harga yang sesuai.

Jika dirata-rata dalam sebulan ia dapat meraup penghasilan kurang lebih Rp. 2 juta dari menjual mainan diecast Hot Wheels atau merk lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…