REMBANG – Ribuan warga Kelurahan Leteh, Kecamatan Rembang, mengikuti Kirab Budaya yang dikemas dalam Jalan Sehat sebagai rangkaian bersih desa dan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77, Minggu (28/8) kemarin.

Setiap perwakilan RT / RW sangat antusias untuk mengikuti kirab dengan mengambil tema budaya yang memiliki pesan moral itu. setiap perwakilan RT atau RW diminta menampilkan budaya yang berbeda, yang dinilai oleh dewan juri.

Arak – Arakan dimulai sekitar pukul 14.00 waktu setempat hingga rampung. Dengan start perbatasan Kelurahan Leteh dengan Kelurahan Kotoharjo Kecamatan Kota Rembang. Finish di jalan pemuda atau depan stadion Krida Rembang.

Meski harus berjalan kaki kurang lebih 3 kilometer, para peserta bersemangat untuk mengikuti pawai. Dalam arak-arakan itu menampilkan replika binatang, dan aneka hiasan menarik ribuan pasang mata untuk menyaksikan di sepanjang Sutomo, jalan Kartini, hingga jalan Pemuda.

Kepala Kelurahan Leteh, Diyono mengatakan kirab budaya merupakan puncak acara. Sebelumnya ada pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan dalang lokal, Ki Sigid Ariyanto, lomba tumpeng, lomba toga tingkat RT, dan lomba voly.

“Ada 24 RT dari 5 RW, biar warga guyub rukun dan memupuk rasa nasionalisme juga,” katanya.

Meski hanya karnaval sekelas kelurahan namun antusias penonton juga sangat ramai, jalan yang di lewati karnaval penuh sesak oleh penonton. Karnaval dilakukan dengan dana swadaya masyarakat kelurahan setempat dengan menghabiskan angggaran Rp 12 juta. (Asmui)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Sudah ada 509 Ekor Sapi Terserang PMK

Pemilik sapi di Rembang perlu meningkatkan kewaspadaannya. Kerena Penyakit Mulut dan Kuku…

Dugaan Sementara Rumah Amblas di Dukuh Grajen Karena Ada Sumber Air Besar Di bawahnya

REMBANG – Belasan rumah terancam roboh karena tanah yang ditempati rawan amblas.…

Diduga Mengantuk Truk Seruduk Kendaraan Di depannya

REMBANG – Diduga mengantuk sebuah kendaran jenis truk Fuso, tabrak kendaraan yang…

Menunggu Hibah dari Pusat 83 Pedagang Sudah Berjualan di Pasar Kreatif Lasem

REMBANG – Pengelolaan pasar kreatif Lasem sampai dengan hari ini, masih dipegang…