Kementerian Pertahanan mulai melakukan sosialisasi pembentukan Komponen Cadangan (Komcad). Proses tersebut dilaksanakan setelah Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2021 ditetapkan dan diundangkan pada 12 Januari lalu.

Seperti yang dilakukan oleh TNI Angkatan Laut di Rembang yang mengadakan sosialisasi rekrutmen komponen cadangan untuk matra Angkatan Laut. Sosialisasi berlangsung di SMK Negeri 2 Rembang.

Acara yang berlangsung Kamis pagi (03/02) diikuti oleh ratusan siswa. Dengan harapan mereka dapat bergabung menjadi bagian Komcad tahun 2022 ini.

Kepala pos Keamanan Laut (Kamla) Rembang Letda (L) Budi Wiratno mengatakan, Komcad Matra Laut dibutuhkan putra maupun putri sebelum usia 35 tahun. Mereka nanti akan bertugas langsung dibawah komando Kementerian Pertahanan.

“Kita sengaja memilih SMK N2 Rembang karena mereka ini yang ada kaittanya dengan kita. Dengan harapan mereka ada yang tertarik ambil bagian,” kata Letda Budi saat ditemui di kantornya Kamis sore (03/02).

Ia menambahkan, setelah menjadi bagian dari Komcad, mereka akan mendapatkan keterampilan dasar militer. Hak-hak mereka selama mengikuti pelatihan itu, di antaranya uang saku, perlengkapan perorangan, jaminan kesehatan dan asuransi.

Pelatihan dasar militer untuk peserta calon Komcad rencananya akan dilakukan di batalion-batalion yang ada di seluruh Indonesia. Pendaftaran untuk mengikuti Komcad hanya akan dibuka satu kali dalam setahun.

“Kalau untuk wilayah Semarang Matra Laut pelatihan Lanal Semarang. Uang saku tapi kan terbatas sesuai dengan pelatihan dasar militer secara semuanya sama. Karena latihan itu sama untuk semua tingkat. Ada syarat-syaratnya, nanti ikut seleksi, setelah lulus seleksi ada latihan dasar militer selama tiga bulan. Setelah itu kemudian baru diangkat Komcad, setelah itu kembali ke profesi semula,” pungkasnya.

Katagori tamtama akan diambil 432 orang, bintara 56 Orang dan perwira 12 orang saja. Dengan spesifikasi perwira lulusan S1, bintara SMA dan tamtama minimal lulusan SMP. (Asmui)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…