Rembang telah terima keperluan logistik pemilihan umum 2024

REMBANG – Keperluan logistik pemilihan umum 2024, telah terdistribusi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang. Hal itu disampaikan oleh Ketua KPU Rembang, M. Ika Iqbal Fahmi, pada media gathering peran media sukseskan pemilihan umum tahun 2024, di salah satu hotel di Pantura Rembang, Selasa (5/12).

Ketua KPU mengatakan pihaknya telah menerima sejumlah ligistik dari KPU pusat berupa kotak suara, bilik suara beserta Alat Tulis Kantor. Logistik yang diterima, saat ini telah disimpan di Gudang milik KPU.

“Saat ini yang sudah kita terima kotak suara ada 11.003 yang kita terima. Kemudian bilik suara 4 kali TPS yang ada di Rembang. Jadi ada 4.401 bilik suara yang kita terima. Kemudian ada tinta, segel-segel, sudah kita terima,” imbuhnya.

Ia menjelaskan untuk pengiriman surat suara masih menunggu jadwal cetak dari penyedia. Sedangkan pencetakan surat suara dijadwalkan 21 Desember dan direncanakan jadwal pengirimannya pada 27 dan 28 Desember.

Sedangkan jumlah surat suara yang dicetak sesuai dengan jumlah DPT ditambah cadangan 2 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT). Sedangkan DPT pada pemilu 2024 sebanyak 498.303 pemilih.

Iqbal mengungungkapkan pada saat pemungutan suara 14 Februari 2024, memasuki musim penghujan. Sebagai antisipasi agar logistik kotak suara aman dari air hujan pada saat pendistribusian dan pada saat pemungutan suara, maka kotak suara akan dilapisi 3 lapis pengaman.

“Karena kotak suara dari karton duplex kedap air. Nanti kita lapisi secara berlapis dengan plastik. Jadi, surat suara sebelum dimasukkan ke kotak kita bungkus plastik dulu, kemudian ditambah lagi sebelum dimasukkan kotak ada bungkusan plastik, kita tutup di kotak. Disegel. Kemudian kita plastik lagi,” ujarnya.

Logistik pemilu itu menurut Iqbal akan digunakan untuk mendukung proses pemungutan suara dan penghitungan suara di 2.201 Tempat Pemungutan Suara (TPS).(Masudi/CBFM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *