REMBANG – Pemerintah Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, melalui program pemerataan penduduk akan memberangkatkan satu keluarga terdiri atas 4 orang bertransmigrasi ke luar Jawa.

Satu keluarga tersebut berasal dari Desa Sumberjo Kecamatan Rembang Kota. Mereka ialah Sarwan dan istrinya Siti Aminah, serta dua anaknya Rahmat Fauzi dan Dwi Kiswanto. Mereka mendaftarkan melalui desa setempat sekitar satu minggu yang lalu. Lembar persyaratan Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga sudah diterima oleh Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Rembang.

Sub Koordinator Kesejahteraan Sosial pada Bagian Kesra Setda Rembang Julita, mengatakan bahwa di lokasi transmigrasi mereka sudah disiapkan rumah dan lahan terbuka untuk diolah, dan sejumlah fasilitas lain yang disiapkan oleh pemerintah.

Rencananya mereka akan diberangkatkan pada tahun 2023 mendatang, pada awal tahun.

Menurutnya semula terdapat dua kepala keluarga yang mendaftarkan diri untuk bertransmigrasi. Namun setelah dilakukan seleksi ternyata hanya satu kepala keluarga yang memiliki niat serius untuk mengikuti program tersebut.

Di lokasi tujuan sudah disiapkan rumah layak untuk tempat tinggal, dan lahan garapan. Tetapi Julita menyebut untuk lokasi tujuan transmigrasi belum di tentukan. Tetapi tahun 2017 lalu tujuannya ialah Sulawesi. Pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pemerintah Provinsi Jawa Tengah terkait lokasi transmigrasi.

“Kami tergantung peminatnya juga. Kami siap memberangkatkan walaupun satu KK. Kalau tahun kemarin Rembang tujuan Sulawesi, tapi kalau tahun ini kita belum dapat informasi,” jelas Julita.

Calon transmigran yang boleh mengikuti program ini usianya maksimal 50 tahun saat pemberangkatan. Mereka harus mengikuti serangkaian tes dan memenuhi persyaratan. Tahun ini pemerintah Kabupaten Rembang belum menyiapkan uang saku bagi transmigran. Tetapi pada anggaran perubahan 2023 Bagian Kesra mengaku akan menganggarkan uang saku bagi calon transmigran.(Asmui)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

BPBD Tetap Siaga Meski Tak Ada Banjir, Alat Pendeteksi Cuaca Dipasang

REMBANG – Cuaca buruk memang menghantui hampir seluruh wilayah di Indonesia. Tak…

Hari Disabilitas Internasional, Bupati Ingatkan Perusahaan Harus Akomodir Penyandang Disabilitas

Hari Penyandang Cacat Internasional diperingati setiap tanggal 3 Desember. Peringatan ini bertujuan…

Pemkab revitalisasi pasar tradisional

  KRAGAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang, optimalisasi sarana dan prasarana perdagangan…

Kerja Cepat, BKD Rembang Proses SK CPNS Sehari

REMBANG – Pemerintah Kabupaten Rembang sudah mengambil sumpah janji Calon Pegawai Negeri…