SEMARANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang meraih Juara III Kategori Pasar dalam ajang Anugerah Pemetaan Daya Saing Daerah (PDSD) Jawa Tengah (Jateng) tahun 2022. Penghargaan diserahkan oleh Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen kepada Wakil Bupati Rembang, M. Hanies Cholil Barro’, di Gedung Gradhika Bhakti Praja Semarang, Senin (19/12) kemarin.

Wakil Bupati, Gus Hanies usai menerima penghargaan mengucapkan terima kasih kepada jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atas komitmennya dalam meningkatkan inovasi masing-masing dan meningkatkan nilai Indeks Daya Saing Daerah (IDSD) Kabupaten Rembang.

“Perasaan saya pribadi dan atas nama pemkab Rembang, merasa senang dan bangga atas penghargaan ini. Karena ini masih juara 3, ke depan harapan kami, harapan kita bersama, kita bisa mendapatkan penghargaan yang lebih baik lagi dengan kategori yang lebih tinggi lagi,” imbuhnya.

PDSD menurut Gus Hanies merupakan pemetaan yang menggambarkan kondisi dan kemampuan suatu daerah dalam mengoptimalkan seluruh potensi. Hal ini dilihat dari peningkatan produktivitas, nilai tambah, dan persaingan, baik domestik maupun internasional demi kesejahteraan yang tinggi dan berkelanjutan.

Wakil Gubernur, Gus Yasin menyampaikan Rembang sebagai salah satu dari 14 kabupaten/kota penerima penghargaan PDSD dan 3 kabupaten kota dengan predikat buku laporan terbaik.

”Saya sampaikan selamat untuk para penerima penghargaan PDSD semoga penerimaan penghargaan ini semakin meningkatkan motivasi untuk membenahi semua sektor guna menetapkan daya saing daerah panjenengan sedoyo dan ini sekaligus memantik kepada kabupaten lain untuk ikut andil dalam pembangunan di daerah panjenengan sedoyo,” tuturnya.

Gus Wagub menjelaskan untuk meraih yang terbaik diperlukan komitmen masing-masing kepala daerah untuk memperkuat potensi daerahnya dan seberapa baik kepala daerah menyusun dan melaporkan kondisi daerahnya. Pasalnya, dari penilaian PDSD bermanfaat untuk menyusun RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) lantaran dalam paparan kepala daerah berisikan pembangunan lokal dan regional.

Penghargaan PDSD Kategori pasar juga diberikan kepada Kota Surakarta dan Kabupaten Sukoharjo.(Masudi/CBFM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…