Rembang – Pemerintah Kabupaten Rembang mengucapkan terima kasih atas adanya bantuan bibit tebu yang diberikan oleh Kementerian Pertanian. Hal itu disampaikan oleh Bupati Rembang, Abdul Hafidz, saat penyerahan simbolis bibit tebu Benih Kebun Datar (BKD) ke ekstensifikasi tebu tahun anggaran 2022 oleh Direktorat Jenderal Perkebunan kepada petani tebu, di Desa Tireman Kecamatan Rembang, Hari Kamis (8/7).

Bupati mengatakan dengan adanya bantuan bibit tersebut dapat menambah kesejahteraan petani, pasalnya lahan tebu di Rembang cukup luas.

“Ada 8.000an hektar, petani tebu tiap tahun. Bahkan kalau memang tebu ini, semakin menguntungkan bisa juga sampai 15.000 hektar lahan kita cukup luas untuk tebu ini. Karena lahan kita ditarik untuk ditanami tembakau,” Imbuhnya.

Hafidz berharap agar kepada petani bisa merespon dengan baik adanya bantuan benih varietas N11, walaupun hal itu tidak satu-satunya faktor yang menyejahterakan petani.

Kepala Dinas Pertanian dan pangan Kabupaten Rembang, Agus Iwan Haswanto mengungkapkan tahun ini, Rembang mendapat 60 hektar BKD digunakan untuk 360 hektar ekstensifikasi yang dibagi untuk 3 kabupaten yaitu Rembang, Brebes dan Kabupaten Kudus masing-masing 120 hektar per kabupaten.

“Ekstensifikasi itu lahan yang belum pernah ditanami tebu,” Ujarnya.

Direktur perbenihan Perkebunan Kementerian Pertanian, M. Sholeh Mokhtar dilaksanakannya bantuan untuk memenuhi swasembada gula konsumsi yang salah satunya berupa KBD.

“210 KBD ini kita lakukan sejak tahun 2020. 60 KBD di Jawa Tengah, 60 KBD di Jawa Barat dan 90 KBD di Jawa Timur. Untuk Jawa Tengah menyasar Kabupaten Rembang dan Kabupaten Pati,” Bebernya.

Sholeh mengakui Rembang menjadi unggulan tanaman tebu di Jawa Tengah seperti halnya Blitar di Jawa Timur dan Subang di Jawa Barat.(Dari Rembang Masudi melaporkan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…