Di tahun 2022 ini, Kabupaten Rembang, kembali mendapat Investor Penanam Modal Asing (PMA). Pasalnya, setelah pabrik sepatu “Adidas” di jalur Clangapan – Pamotan, kini pabrik tas PT. Heng Xuan International, salah satu investor China juga siap beroperasi.

Bupati Rembang, Abdul Hafidz, kepada wartawan, Sabtu (7/5) mengatakan manajemen pabrik tas yang berlokasi di pinggir jalur Pantura Desa Pasarbanggi, Kecamatan Rembang, sudah membuka lowongan pekerjaan. Untuk tahap awal sekira 300-an orang, kemudian secara bertahap akan terus ditambah sampai 2.000-an.

“Yang ada di depan mata kita ya pabrik tas ini mulai bergerak membuka lowongan. Pabrik belum beroperasi, tapi sifatnya masih uji coba,“ Imbuhnya.

Selain pabrik tas di bekas rokok Bentoel, menurut Bupati ada pula pabrik pengolahan ikan di pinggir jalur Pantura Sluke – Kragan, yang sama-sama membutuhkan tenaga kerja dalam jumlah banyak. Pihaknya optimis kedepan akan semakin menggerakkan perekonomian masyarakat. Karena industri yang berbasis padat karya, butuh karyawan banyak.

Pejabat dari Pamotan itu menjelaskan di tengah-tengah trend positif investasi, dirinya menekankan dua hal, yakni masalah perizinan harus sudah beres, sebelum mereka beroperasi.

Selain itu, keberadaan pabrik harus mampu mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar, dari sisi penyerapan tenaga kerja lokal maupun CSR nya.

Bupati menyebutkan jika dihitung, rata-rata per bulan menerima gaji Rp. 2 Juta per orang, dikalikan 7 ribu pekerja saja, maka perputaran uang setiap bulannya sudah menembus Rp. 14 Miliar.

Orang nomor satu di Rembang itu mengakui apabila pasokan tenaga kerja dari kota garam mengalami kekurangan, maka akan diambilkan dari Kabupaten tetangga seperti Kabupaten Blora.(Masudi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…