REMBANG – Pada tanggal 5 sampai dengan 7 Oktober 2022 Kabupaten Rembang akan menjadi tuan rumah Jambore Nasional Relawan Penanggulangan Bencana tingkat nasional yang berlangsung di kompleks wisata Karang Jahe Beach (KJB) Desa Punjulharjo, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang.

Senin, 3 Oktober relawan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rembang melakukan persiapan di lokasi yang akan dijadikan lapangan perkemahan selama dua hari tersebut.

BPBD Rembang sebagai tuan rumah mendirikan tenda dan dapur umum. Selain itu para peserta membuat batas kapling tenda bagi para peserta jambore tersebut. Selain itu, instalasi air juga dipasang untuk memenuhi kebutuhan air bagi para peserta.

Jambore tersebut menurut rencaba nantinya akan dihadiri oleh Letjen TNI Suharyanto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wakil Gubernur Jawa Tengah H Taj Yasin. Serta jajaran Forkopimda Kabupaten Rembang. Mereka dijadwalkan secara simbolis akan tanam pohon sebagai bentuk kampanye dalam melestarikan lingkungan.

Kepala Seksi Analis Kebijakan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Rembang, Markus mengatakan jumlah tamu atau relawan yang akan hadir di Rembang sekitar 400 peserta dari sejumlah daerah yang ada di Indonesia.
Setiap relawan yang hadir akan membawa tenda sendiri. Sedangkan panitia menyiapkan tenda dapur umum, medis dan kesekretariatan panitia.

“Ini kita masih dalam rangka memetakan lokasi. Ada pemetaan lokasi yang kerja makanya kita masak bersama-sama. Kalau yang terakhir 400an kalau penambahan yang terbaru saya belum mengikuti,” jelasnya.

Para relawan yang hadir akan mendapatkan bekal tentang penanggulangan bencana, dan pengalaman tentang penanggulangan kebencanaan dari daerah yang akan disharingkan dalam forum tersebut. (Asmui)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

BPBD Tetap Siaga Meski Tak Ada Banjir, Alat Pendeteksi Cuaca Dipasang

REMBANG – Cuaca buruk memang menghantui hampir seluruh wilayah di Indonesia. Tak…

Hari Disabilitas Internasional, Bupati Ingatkan Perusahaan Harus Akomodir Penyandang Disabilitas

Hari Penyandang Cacat Internasional diperingati setiap tanggal 3 Desember. Peringatan ini bertujuan…

Pemkab revitalisasi pasar tradisional

  KRAGAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang, optimalisasi sarana dan prasarana perdagangan…

Kerja Cepat, BKD Rembang Proses SK CPNS Sehari

REMBANG – Pemerintah Kabupaten Rembang sudah mengambil sumpah janji Calon Pegawai Negeri…