Foto kantor Dindakop UKM Rembang

51 persen lebih koperasi di Kabupaten Rembang tak aktif. Dari total 581 koperasi terdapat 289 yang tidak aktif. Ketidakaktifan koperasi ini lantaran mereka tidak melaporkan aktivitas ke Dinkop UMKM Kabupaten Rembang.

Banyak sebab ketidakaktifan koperasi itu. Mulai masalah internal hingga pandemi covid-19. Data yang dihimpun dari Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkop UMKM) Kabupaten Rembang masih ada 292 koperasi yang aktif.

”Angka koperasi tak aktif ini tinggi. Gak ada 50 persen. Mengingat koperasi yang tercatat di dinasnya ada 581 koperasi,” beber Kepala Dinkop UMKM Rembang Mahfudz ditemui Senin pagi (01/02).

Dari total koperasi yang tidak aktif ini ada puluhan yang mempunyai masalah. Baik mempunyai permasalahan dengan anggotanya maupun mempunyai permasalahan lainnya.

”Dari 289 ini yang bermasalah ada mulai dari pencairan hingga kelembagaannya. Jadi beragam permasalahannya,” tuturnya.

Ia memaparkan, ada beberapa indikasi koperasi tidak aktif. Di antaranya tidak aktif secara kelembagaan atau tidak RAT yang nantinya akan dilaporkan ke pihaknya. Lalu tidak aktif secara usaha dan koperasi yang bermasalah.

Bila koperasi tidak aktif secara kelembagaan namun aktif usahanya, pihaknya akan membina. Agar koperasi ini mengaktifkan kelembagaan dengan menggelar RAT.

”Tetapi kalau tidak aktif secara kelembagaan dan usaha serta tak bermasalah. Itu akan diusulkan untuk dibubarkan,” kata Mahfudz.

Ia menambahkan, pihaknya siap mendampingi koperasi agar selalu aktif dan melaporkan aktivitas kepada pihaknya. Selain itu, pihaknya juga mengadakan pelatihan untuk meningkatkan mutu koperasi.

”Saat ini semua koperasi harus melakukan uji kompetensi. Agar mutu pelayanannya bagus. Kalau mutu bagus, otomatis menunjang berjalannya koperasi ini. Kami akan mendampingi itu,” pungkasnya. (Asmui)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…