REMBANG – Puluhan Madrasah di Kabupaten Rembang, menjadi sasaran Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI). Hal itu disampaikan oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Rembang, Sa’dullah, kepada CBFM, di kantornya, hari Selasa (13/9).

Sa’dullah mengatakan madrasah yang mengikuti AKMI yaitu 44 Madrasah Ibtidaiyah (MI), 2 Madrasah Tsanawiyah (MTs) yaitu MTs negeri 1 Rembang (MTs. Lasem) serta MTs Negeri 2 Rembang (MTs. Pamotan) dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Rembang (MAN Lasem).

“Tahun ini MTs dan MA masih piloting. Rembang hanya 2 MTs negeri 1 dan MTs negeri 2. Kemudian MA hanya 1 yaitu MAN 2 Rembang. Untuk MI ada 44 madrasah,” Imbuhnya.

Sa’dullah menjelaskan AKMI hampir sama dengan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Bedanya kalau AKMI sebagai upaya memotret kemampuan literasi siswa madrasah. Pasalnya, dalam AKMI terdapat literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya.

“Sifatnya hanya untuk pemetaan peningkatan mutu madrasah,” Ujarnya.

Sa’dullah menuturkan AKMI dilaksanakan berbasis komputer, dengan dua moda yakni secara online penuh (siswa mengerjakan soal secara online langsung pada server pusat) dan secara semi online (siswa mengerjakan soal secara offline pada server madrasah, selanjutnya jawaban siswa dikirim oleh operator madrasah secara online ke server pusat).(Masudi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…