REMBANG – Secara bergilir wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) melanda di wilayah Kabupaten Rembang. Pertama kali PMK dilaporkan di Kecamatan Sumber. Ada 11 Ekor sapi mati dengan gejala penurunan nafsu makan, mulut keluar liur dan terdapat luka pada bagian kuku.

Urusan PMK belum rampung sepenuhnya kini muncul penyakit kulit lain. Penyakit kulit ini biasa dengan sebutan Lumpy Skin Disease (LSD).

Di Kabupaten Rembang sendiri berdasarkan data Dinas Pertanian dan Pangan terdapat 12 kasus penyakit kulit LSD. Lokasinya tersebar di sejumlah titik. Yakni Kecamatan Sumber, Kaliori, Kragan, Sedan dan Kecamatan Sarang.

Salah seorang peternak di Kecamatan Sumber, Muslimin mengaku diwilayahnya untuk PMK sudah mereda, sedangkan serangan lalat sudah ada beberapa sapi yang menjadi korban.

Selain merawat sampai sembuh ada sejumlah pemilik sapi yang memilih menjual sapi yang sakit dengan harga di bawah pasaran.

“Ada yang jual murah ada yang diobati sampai sembuh,” jelasnya

Sejumlah peternak berhasil merawat sapinya yang terjangkit virus PMK maupun LSD. Berkat ketelatenannya sapi yang semula sakit secara bertahap menjadi sembuh.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Rembang, Agus Iwan Haswanto mengaku sudah mengambil langkah baik pencegahan maupun penanganan terhadap dua penyakit sapi tersebut.

Penyakit kulit pada sapi ini disebabkan oleh gigitan lalat penghisap darah. Biasanya lalat ini berukuran besar. Sapi yang terserang akan muncul kutil di sekujur tubuh. Kutil ini bisa pecah kemudian menjadi Korang.

Dampak dari serangan lalat tersebut biasanya nafsu makan sapi menjadi menurun, disertai demam. Badan sapi menjadi kurus, serta tampilan pada kulit sampai menjadi tidak menarik sehingga harga jual menjadi turun.

Untuk mencegah serangan lalat penghisap darah, dapat dilakukan pengasapan. Sedangkan sapi yang terlanjur kena gigitan dapat diberi obat agar tidak infeksi.(Asmui/Msd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

SMK dan Ponpes Arrohmaniyah milik Bupati Rembang, dilaunching

  Di Desa Pamotan, Kecamatan Pamotan, kini telah berdiri Sekolah Boarding School…

Gelombang Tinggi, Nelayan Pulang Dengan Tangan Hampa

REMBANG – Tingginya gelombang laut di pesisir utara Kabupaten Rembang membuat nelayan…

Pemkab siapkan perda SMP SMA bisa baca Quran

  PAMOTAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang, saat ini, telah menyiapkan Rancangan…

Cegah Anak Putus Sekolah, Baznas Punya Program Santunan Cerdas

REMBANG – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Rembang memiliki program unggulan…