Empat calon kepala desa yang bertarung di Pemilihan Kepala Desa Pergantian Antar Waktu (Pilkades PAW) terpilih melalui mekanisme musyawarah Rabu pagi (23/03). Total ada empat desa yang menggelar Pilkades Pergantian Antar Waktu, yaitu Desa Turusgede Rembang, Trembes Gunem, serta Desa Bajingmeduro dan Tawangrejo Sarang

Kepala Bidang Penyelenggaraan Pemberdayaan Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Rembang Nurwanto menyampaikan, dua orang terpilih secara musyawarah mufakat dan dua orang lainnya terpilih dengan cara coblosan.

Desa yang melakukan musyawarah dalam mekanisme Pilkades PAW ialah Desa Turusgede dan Desa Bajingmeduro. Sedangkan desa Tawangrejo dan Trembes pada Pilkades PAW ini sampai ke tahap pencoblosan untuk menentunkan calon Kepala Desa terpilih.

Kalau yang musyawarah langsung mufakat dua desa. Sisanya pencoblosan,” kata Nur Wanto melalui pesan singkat kepada wartawan Radio Citra Bahari FM.

Untuk calon kepala desa yang terpilih, Desa Turusgede ialah Sutikno, Desa Trembes Dodi Mutakhir, Desa Bajingmeduro Mundir dan Desa Tawangrejo Pardono. Dalam Pilkades PAW jumlah perwakilan warga yang diundang untuk mengikuti proses Pilkades PAW adalah 50 orang. Terdiri atas unsur penjabat kepala desa dan perangkat, panitia Pilkades PAW, BPD, lembaga desa dan perwakilan tokoh masyarakat lima orang setiap dusunnya.

Tahapan selanjutnya adalah panitia Pilkades PAW menyampaikan hasil pemilihan kepada BPD, kemudian BPD melaporkan kepada Bupati melalui Camat. Sedangkan untuk penerbitan SK Kepala Desa PAW paling lambat 6 Mei 2022 dan pelantikan dilaksanakan paling lambat 5 Juni 2022. (Asmui)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…