Kelapa menjadi salah satu tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia. Bahkan tanaman nyiur ini, termasuk yang berdaya guna tinggi. Hampir seluruh bagian tanaman memiliki manfaat. Namun keberadaan tanaman tersebut kini tengah berada dalam ancaman. Bukan karena produk minyak kelapa sudah tergeser minyak sawit, tapi serangan hama yang sulit petani kendalikan, salah satunya hama kwangwung (oryctes rhinoceros).

Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Rembang, Cipto Karyo Daryono, dalam kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan, di Pendapa Kecamatan Gunem, baru-baru ini.

Cipto Karyo Daryono mengatakan untuk mengatasi hama kwangwung dengan menabur jamur Metarhizium Anisopliae.

Metarhizium ini dilakukan dengan memberi obat pada kotoran sapi, ditaruh di tempat-tempat yang menjadi sarangnya kwangwung,” Imbuhnya.

Selain menabur jamur, cara lain untuk mengendalikan hama kwangwung menurut Cipto Karyo Daryono yaitu dengan cara biologis, bisa dengan cendawan Metarhizium anisopliae yang mematikan larva atau dengan virus Bacullovirus yang disuntikkan pada pejantan muda yang akan menular pada betina. Secara mekanis bisa dilakukan dengan penyemprotan pestisida.

Cipto Karyo Daryono menerangkan tanaman kelapa merupakan tanaman andalan selain tanaman tebu. Karena tanaman kelapa penyangga ekonomi di Kecamatan Pamotan, Gunem dan Kecamatan Sedan.

Sebelumnya, Kepala Desa Dowan, Parji yang mengusulkan pemberantasan hama kwangwung karena keberadaannya sangat meresahkan petani kelapa. Karena kelapa menjadi andalan peningkatan ekonomi masyarakat di Kecamatan Gunem. Pasalnya, produksi kelapa dari Kecamatan Gunem menjadi komoditas yang dikirim ke luar daerah.(Dari Gunem Masudi melaporkan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…