Petani di Kecamatan Kaliori, telah memasukin musin panen panen padi musim tanam pertama. Hal itu dikatakan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Dintanpan) Kabupaten Remban, Agus Iwan Haswanto, didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Rembang, Mardi, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Prapto Raharjo, saat peninjauan panen perdana, di Desa Mojorembun, Kecamatan Kaliori, hari Jum’at (4/3).

Agus Iwan mengatakan dengan adanya panen perdana ini menunjukkan potensi pertanian di Kecamatan Kaliori sangat bagus dan sebagai penopang kecamatan lain yang agak terlambat tanam.

Sekaligus siap masa tanam 2,” imbuhnya.

Agus Iwan menerangkan saat ini, di wilayah Kecamatan Kaliori, yang mulai panen padi perdana mencapai 30 persen yang tersebar di Desa Sambiyan, Sidomulyo, Meteseh, Maguan, Wiroto dan Desa Mojorembun.

Agus Iwan mengungkapkan luas wilayah pertanian di Kecamatan Kaliori menurut data Luasan Pertanian Pangan Berkelanjutan seluas 4.000 hektar.

Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan tersebut berharap dengan dioperasikannya Waduk Randugunting bisa menambah masa tanam. Pasalnya, saat ini petani di Rembang bagian barat hanya 2 kali masa tanam per tahun.

Salah satu anggota Kelompok Tani Ngupoyo Mulyo, Desa Mojormbun, Sumardi menuturkan saat ini petani telah diuntungkan dengan adanya mesin pemanen padi. Sehingga biayanya irit 50 persen dibanding dengan tenaga manusia.

Hari ini hampir 2 hektar yang kita potong. Biaya per petaknya Rp. 300.000. Keuntungan petani hampir 50% dibanding menggunakan tenaga manusia,” tuturnya.

Selain itu menurut Sumardi dengan adanya pemakaian mesin bisa menghemat waktu. Karena untuk memanen padi 1 hektar dengan tenaga manusia hampir 1 minggu. Namun dengan adanya mesin bisa diselesaikan dalam 1 hari. (Dari Kaliori Masudi melaporkan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…