REMBANG – Ratusan relawan peserta jambore penanganan bencana yang hadir di Rembang menggelar bakti sosial membangun tanggul penahan abrasi di tepi Pantai Caruban turut Desa Gedongmulyo, Kecamatan Lasem Kamis pagi (6/10).

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rembang, Sri Jarwati mengatakan jumlah relawan yang terlibat dalam penanganan abrasi di Pantai Caruban tidak kurang dari 300 orang relawan.

Pembuatan tanggul tersebut menggunakan polibag atau plastik yang diisi dengan tanah tras. Sebagian juga menggunakan karung, dengan isian tanah yang sama.

Wanita yang biasa disapa Anjar itu menyebut, pembuatan tanggul tersebut memang bersifat sementara karena penanganan darurat agar abrasi di kawasan tersebut tidak meluas. Sambil menunggu penanganan yang bersifat permanen dari pemerintah.

“Relawan yang terlibat 300 kita jadwalkan kemarin bahkan bisa lebih. Tanggulnya kita buat dari pastik dan diisi tras karena sifatnya darurat,” kata Sri Jarwati.

Selain pembangunan tanggul relawan yang hadir juga dibagi menjadi enam klaster atau kelompok. Meliputi klaster perlindungan pengungsi, klaster logistik, kesehatan, sarana dan prasarana, komunikasi, dan pencarian penyelamatan korban.

Perwakilan dari setiap daerah akan dibagi untuk bergabung ke dalam enam kelompok tersebut. Dengan tujuan saling berbagi ilmu dan pengetahuan kebencanaan antar daerah.

Sedangkan jumlah peserta atau relawan yang hadir pada kegiatan jambore di Rembang tersebut tercatat lebih dari 1.500 relawan.

Selain itu sejumlah relawan juga mengikuti kegiatan tanam ribuan pohon mangrove di hutan bakau di Desa Pasar Banggi. Sebagian menanam pohon buah-buahan di lokasi bumi perkemahan Karangsari Park, Kecamatan Sulang. (Asmui)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

BPBD Tetap Siaga Meski Tak Ada Banjir, Alat Pendeteksi Cuaca Dipasang

REMBANG – Cuaca buruk memang menghantui hampir seluruh wilayah di Indonesia. Tak…

Hari Disabilitas Internasional, Bupati Ingatkan Perusahaan Harus Akomodir Penyandang Disabilitas

Hari Penyandang Cacat Internasional diperingati setiap tanggal 3 Desember. Peringatan ini bertujuan…

Pemkab revitalisasi pasar tradisional

  KRAGAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang, optimalisasi sarana dan prasarana perdagangan…

Kerja Cepat, BKD Rembang Proses SK CPNS Sehari

REMBANG – Pemerintah Kabupaten Rembang sudah mengambil sumpah janji Calon Pegawai Negeri…