Progres pengerjaan pertokoan di area kota pusaka Lasem saat ini hampir rampung digarap. Diperkirakan seluruh pembangunan di Kawasan kota Pusakan Lasem sesuai target selesai bulan Agustus mendatang.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (Dindagkop UKM) Kabupaten Rembang, Mahfud, Kamis (23/6) menyampaikan pihaknya telah melakukan pengecekan langsung khususnya di wilayah pertokoan depan Masjid Jami. Berdasarkan pantauannya saat ini progress pembangunan pertokoan tinggal tahapan finishing.

“Nanti penataan jaringan (listrik) tinggal kita sempurnakan. Kemudian instalasi-instalasi tinggal kita selesaikan, ya tinggal finishing-finishing saja,” kata dia.

Melihat progres saat ini, dipastikannya pembangunan pertokoan akan selesai sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan. Jika sudah selesai semua, pertokoan tersebut dapat menampung kurang lebih 138 pedagang.

Terkait pertokoan yang ada dibelakang Masjid Jami, kata dia, itu bukan merupakan kewenangan dari Dindagkop UKM Rembang. Pasalnya pertokoan tersebut merupakan kewenangan dari takmir Masjid Jami.

Sementara ini, para pedagang kaki lima (PKL) yang sebelumnya menempati area depan masjid Jami bergeser ke selatan hingga ke Pasar Jolotundo demi kepentingan kemajuan Lasem. Proses relokasi juga berjalan dengan kondusif.

“Alhamdulillah PKL sudah bergeser ke selatan, dan nanti tetap kita akan menjadikan lokasi Kawasan kota pusaka ini steril dan para PKL tidak Kembali lagi,” bebernya.

Diberitakan sebelumnya, paguyuban pedagang Lasem meminta adanya pembuatan pusat jajanan serba ada (pujasera) di Lasem. Dengan dengan begitu para pelaku UMKM dan PKL tidak lagi bingung untuk mencari lokasi berdagang usai kota pusaka Lasem selesai dibangun. (Dari Rembang Rendy Teguh Wibowo melaporkan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…