Peringati Harlah 99 NU dengan Khotmil Qur’an

Untuk memeriahkan peringatan Hari Lahir (Harlah) ke-99 Nahdlatul Ulama, Majelis Wakil Cabang NU Kecamatan Kaliori, pada hari Jum’at (18/2), menggelar khatmil quran. Kegiatan diikuti pengurus MWC NU dan pengurus Ranting NU beserta badan otonom.

Rais Syuriyah NU Kaliori, KH. Ahmad Musta’in mengatakan dilaksanakannya peringatan harlah untuk mengenang kembali perjuangan para ulama dalam mendirikan organisasi Islam terbesar itu.

“Dengan harapan dengan mengikuti para ulama bisa selamat dunia akhirat,” ujarnya.

Musta’in menceritakan Komite Hijaz yang dibentuk pada 31 Januari menjadi salah satu cikal bakal berdirinya NU. Komite ini lahir karena masalah keagamaan global yang dihadapi para ulama pesantren, ketika Dinasti Saud di Arab Saudi ingin membongkar makam Rasulullah SAW karena menjadi tujuan ziarah, yang dianggap bid’ah. Tak hanya itu, bahkan Raja Saud juga menginginkan kebijakan untuk menolak praktik bermadzhab di wilayah kekuasaannya.

Penolakan praktik bermadzhab ini terjadi sejak Ibnu Saud, Raja Najed beraliran Wahabi, menaklukkan Hijaz (Mekkah dan Madinah) pada tahun 1924-1925.

Selain kegiatan Khatmil Quran, peringatan harlah juga diisi istighatsah yang dilaksanakan di Gedung setempat dengan peserta segenap pengurus MWC NU dan pengurus Ranting NU beserta badan otonom.

Perlu diketahui, hari lahir organisasi Islam terbesar di Indonesia itu lahir pada 31 Januari 1926 bertepatan dengan 16 Rajab 1344 H. Sehingga pada tanggal 31 Januari kemarin, warga nahdliyin memperingati ke-96 tahun. Sedangkan pada tanggal 16 Rajab yang jatuh pada tanggal 18 Februari 2022 ini, warga nahdliyin memperingati harlah ke-99 NU.(Dari Kaliori Masudi melaporkan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…