REMBANG – Pengurus Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Rembang bersama Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) setempat, melakukan gerakan menanam 10.000 pohon, pada Minggu (24/10), di Pantai Layur Indah turut Desa Gedongmulyo, Kecamatan Lasem.

Ada tiga jenis pohon yang ditanam di lokasi pantai indah Layur. Yakni bibit pohon hijau, bibit pohon keras, dan pohon buah. Tujuannya untuk mengurangi abrasi di pantai tersebut, serta menambah ruang terbuka hijau, dan tanaman buahnya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

Saiful sebagai Kepala Satuan Khusus Banser Tanggap Bencana (Bagana) yang ditunjuk sebagai koordinator penanaman 10 ribu pohon, mengatakan ada 5.000 bibit tanaman yang ditanam di pantai indah Layur. Sedangkan sisa bibit pohon tersebut saat ini masih dalam karantina dan perawatan.

“Dalam kegiatan kemah bakti kemarin salah satu kegiatannya tanam pohon. Memang Bagana dipasrahi pengambilan bibit sampai penanaman. Kita ambil di Bangsri Jepara 10.000 bibit. Untuk penanganan abrasi, menambah ruang terbuka hijau karena masih kurang, dan tanaman buahnya untuk menambah ekonomi masyarakat sekitar,” kata Saiful.

Saat kegiatan penanaman pohon kemarin PC. GP. Ansor Rembang juga menggandeng sejumlah elemen masyarakat untuk terlibat dalam kegiatan kemanusiaan. Mereka meliputi, TNI/Polri, perwakilan Banom, dan Lembaga NU, serta ormas di luar NU.

Di lokasi terpisah, Ansor melalui Banser Husada dan menggandeng RSI Arafah mengelar pengotan gratis di Balai Desa Gedongmulyo. Warga desa setempat dan luar daerah dapat melakukan tes tekanan darah, kadar gula darah, asam urat, dan kolesterol. Selain itu juga disediakan terapi bekam bagi yang menginginkan. (Asmui/Msd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Upah Pekerja di Rembang Diusulkan Naik Tahun Depan

Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinnaker) Kabupaten Rembang sudah mengusulkan kenaikan upah…

Perempuan Cantik Sulap Kopi Menjadi Jelly

REMBANG – Umumnya kopi disajikan dalam sebuah cangkir, dan dalam keadaan hangat…

Terasa Lur sasar PT. Plan Putra Samudra

  KRAGAN – Setelah alat ukurnya dilakukan tera kini PT. Plan Putra…

Tanggulangi Dampak Inflasi, Pelaku UMKM Dibekali Pelatihan

REMBANG – Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinnaker) Kabupaten Rembang menggelar pelatihan…