REMBANG – Umumnya kopi disajikan dalam sebuah cangkir, dan dalam keadaan hangat untuk disajikan di warung-warung atau café.

Tetapi ditangan Winda Rini Astuti minuman kopi dapat disajikan dalam bentuk jelly. Rasanyapun cukup nikmat dan sangat terasa ciri khas kopi. Terdapat perpaduan rasa manis dan pahit kopi didalam jelly.

Keterampilan tersebut ia peroleh setelah mengikuti pelatihan keterampilan memproduksi olahan tersebut yang diselenggarakan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Rembang beberapa waktu yang lalu. Perempuan berusia 25 tahun ini memang mahir dalam meracik kopi.

Karena dinilai memenuhi kriteria, kemudian Winda pun dipilih untuk mewakili Kecamatan Kaliori untuk mengikuti pelatihan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Setelah mendapatkan bekal keterampilan ia akan mengembangkan usaha jelly kopi tersebut untuk melebarkan sayap usahanya.

Kepada Radio CBFM Senin (28/11) Winda sempat menunjukkan hasil olahan kopi menjadi jelly. Bentuknya di dalam kemasan plastik. Olahan itu diberi nama Creamy Coffe Jelly. Ia meracik jelly itu dengan perpaduan rasa manis dan pahit khas kopi.

”Rasanya tergantung. Kalau ditambah air rasanya bisa manis. Kalau punya saya agak dikit pahit. Masih terasa kopinya,” jelasnya.

Ia mengaku baru saja mempelajari olahan ini. Sebab, dalam menjalankan usaha sehari-hari, Winda cenderung sering mempraktikkan mengolah ikan untuk dijadikan sebuah keripik, atau keripik ikan.

Untuk membuat jelly kopi bahan yang dibutuhkan cukup mudah didapat. Misalnya jelly plain, gula pasir, kemudian ditambah air. (Asmui/Msd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Tahun 2023 Ini Program Transmigrasi Masih Terbuka

Program pemerataan penduduk transmigrasi masih membuka peluang bagi masyarakat yang ingin menjadi…

SMK dan Ponpes Arrohmaniyah milik Bupati Rembang, dilaunching

  Di Desa Pamotan, Kecamatan Pamotan, kini telah berdiri Sekolah Boarding School…

Gelombang Tinggi, Nelayan Pulang Dengan Tangan Hampa

REMBANG – Tingginya gelombang laut di pesisir utara Kabupaten Rembang membuat nelayan…

Pemkab siapkan perda SMP SMA bisa baca Quran

  PAMOTAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang, saat ini, telah menyiapkan Rancangan…